Mereka Bicara Salafy & Wahabi

nGumpulin Tulisan Menyorot Salafy Wahabi

Esprit Des Corpses Di Kalangan Pengikut Salafy

Posted by bicarasalafy pada Desember 20, 2007

Esprit Des Corpses Di Kalangan Pengikut Salafy

Sumber: Blog Secondprince.wordpress.com

http://secondprince.wordpress.com/2007/12/19/esprit-des-corpses-di-kalangan-pengikut-salafy/#more-101 

Kali ini kritikan saya tujukan khusus pada Perilaku mereka yang mengaku sebagai pengikut Salafy. Sebelumnya anda semua pasti sudah tahu bukan dengan yang namanya Salafy. Mungkin ada beberapa di antara anda yang mengeluhkan kemampuan berpikir Pengikut Salafy yang sepertinya lain dari biasanya. Kebiasaan berfallacy ala ad hominem yang sudah menjadi lagu wajib mereka dalam menyampaikan misinya. Kebiasaan bergaya grandiosa dalam memaparkan fatwa-fatwa para Syaikhnya. Kebiasaan menempatkan istilah ektopik yang tidak umum untuk manusia bagi lawan bicaranya. Dan mungkin masih banyak kebiasaan-kebiasaan lain yang memberikan persepsi buruk pada mereka pengikut Salafy. Ah anda tahulah D

Tetapi sebagai seorang analis yang baik anda juga harus bersikap objektif. Kalau kita lihat dari sisi lain, Mereka pengikut Salafy ternyata memiliki banyak kebaikan yang tidak bisa dilihat oleh para devian yang notabenenya jelas tidak begitu suka Salafy. Sisi lain yang saya maksud adalah sisi dari pengikut Salafy sendiri. Para devian dikarenakan kecenderungan yang ada dalam pikiran mereka menjadi susah sekali untuk mengerti cara-cara pengikut Salafy.  Jadi untuk lebih memahami maksud saya. Maka saya mengajak anda untuk sejenak menjadi pengikut Salafy .

Kebaikan  pengikut Salafy yang saya maksud ini adalah Esprit Des Corpses, sebuah istilah kemiliteran yang sengaja saya curi untuk menggambarkan apa yang saya maksud. Bahasa sederhananya adalah Kohesi Kelompok atau Daya tarik yang menarik anggota kelompok untuk tetap tinggal dalam kelompoknya dan mencegahnya meninggalkan kelompok. Dalam aplikasinya kohesi ini menyebabkan Solidaritas yang begitu tinggi di antara pengikut Salafy.

Esprit Des Corpses Atau Kohesi pengikut Salafy ini dapat dilihat dari

Ketertarikan setiap pengikut secara Interpersonal yang bisa dikatakan saling mencintai satu sama lain.

Nah anda sudah dapat satu poin, mereka para pengikut Salafy penuh cinta satu sama lain, penuh keramahtamahan satu sama lain, saling mendoakan satu sama lain,  saling mengingatkan dengan segan dan elegan satu sama lain. Secara persuasive mereka memang diarahkan untuk saling beruniformity seolah satu kesatuan. Jadi anda harus maklum kalau ketika anda mengkritik salah satu pengikut mereka. Maka yang lain akan ambil bagian untuk membela dengan mengkritik atau menghina anda pula. Apakah kritikan anda objektif atau tidak itu bukan menjadi sorotan utama bagi pengikut Salafy yang lain.

Bagi mereka Uniformity keyakinan dalam kebenaran telah melahirkan solidaritas yang kuat untuk membela orang yang mereka cintai. Nah harap dimaklumi kalau kadang kritikan yang berupa pembelaan itu tidak berbau Objektivitas karena dasarnya sendiri adalah Subjektivitas Solidaritas dengan Azaz Saling Mencintai Satu Sama lain. Kalau soal Contohnya, anda bisa lihat blog yang baru-baru ini yang suka asal menginvestigasi blog devian Salafy. Jadi Mereka Memang Penuh Cinta bukan?.

Ketertarikan para pengikut Salafy dengan kegiatan kelompoknya

Istilah kerennya Berdakwah Salafiah atas nama Manhaj Salaf. Beberapa dari anda mungkin meragukan manhaj Salaf versi mereka tetapi di sisi mereka manhaj Salaf ini begitu agung dan luar biasa. Adalah wajar kalau anda para devian tidak bisa memahami mengapa mereka begitu tergila-gila dengan manhaj Salaf. Untuk bisa mengerti anda harus mencoba menjadi salah satu dari mereka. Manhaj Salaf itu telah memberikan kepuasan yang tidak ternilai bagi mereka, oleh karena itu mereka mencintainya lebih dari sepenuh hati. Efek Euforia yang dihasilkannya seperti efek Endorfin dan beta-Endorfin bagi tubuh manusia, Morfin alami manusia.

Nah sekali lagi wajar jika anda para devian melihat mereka seperti orang yang kecanduan dengan Manhaj Salaf.  Manhaj Salaf ini meningkatkan kohesivitas kelompok mereka dengan menimbulkan Cinta Yang Berlebihan Pada Para Pengikutnya. Hal ini menjelaskan mengapa mereka begitu mudah tunduk pada norma dan aturan salafy dan sangat tidak toleran dengan para devian. Bukankah anda mengenal istilah Cinta Kadang Membuat Orang Buta.

Ketertarikan Mereka Pengikut Salafy kepada kelompoknya sebagai Alat Pemuasan Kebutuhan Personalnya.
Dalam istilah psikologi Maslow menyebutnya Aktualisasi Diri. Tidak begitu mirip memang, tapi cukup memberikan gambaran. Mereka para pengikut Salafy merasa terpuaskan secara psikis. Dalam kelompoknya mereka merasa aman dan terlindungi. Dari ancaman bid’ah yang mengerikan, dari kesyirikan yang menyengsarakan dan terlebih lagi dari ancaman api neraka. Dalam kelompoknya mereka menemukan jati diri yang sebenarnya, atau tujuan hidup yang sebenarnya. Anda tidak bisa memungkiri rasa seperti ini memang benar-benar memuaskan.

Bayangkan saja di tengah maraknya Alienasi akibat kemajuan postmodernisme maka tawaran rasa Salafy ini benar-benar menggoda. Bagi anda para devian adalah wajar jika anda tidak memahami kenapa mereka begitu rentan sekali dengan kata bid’ah, sesat, syirik dan kafir karena anda para devian tidak bisa merasakan kenikmatan yang diberikan dalam kelompok Salafy.

Nah jadi wajar jika pesan anda para devian yang menyelisihi mereka dianggap sebagai suatu ancaman yang mesti ditolak karena dapat menghancurkan sendi-sendi pemuas kebutuhan mereka. Kadang sebagian dari mereka tidak jarang terpolarisasi dengan menyatakan seolah selain dari mereka adalah sesat dan salah, ya berusahalah mengerti kalau mereka melindungi sumber pemuas kebutuhan mereka. Mereka sangat mencintai perasaan yang diberikan dalam kelompok Mereka.

Evaluasi

Ok, sudah cukup jadi Pengikut Salafynya, mari kita evaluasi. Sejauh ini perilaku Salafy yang ditunjukkan kepada para devian tidak mesti mewakili Salafy atau Manhaj salaf itu sendiri. Manhaj Salaf adalah sebuah aturan atau norma sedangkan perilaku adalah nuansa tabiat manusia yang banyak sekali variasinya. Manusia tidak bisa terlepas dari perasaan dan kecenderungan. Lihat sendiri ternyata Pengikut Salafy selain sebagai Manusia yang penuh dalil(katanya sih) di sisi lain adalah Manusia yang penuh dengan Cinta. Cinta yang tidak dipahami oleh anda para devian. Tetapi seperti yang saya katakan Cinta Kadang Membuat Orang Buta. Buta dari kritikan yang objektif, buta dari lingkungan sekitarnya, buta dari penyelewengan saudaranya, dan buta dari toleransi terhadap sesama. Kebutaan ini tidak jarang dipersepsi sebagian orang sebagai sikap yang meresahkan.

Jadi buat para pengikut Salafy cobalah intropeksi diri anda sebagai manusia, lepaskan dulu atribut kesalafian ketika anda mengintropkesi diri. Mungkin saja anda dapat menemukan mutiara hikmah dari pesan para devian yang biasanya anda pandang dengan menutup mata.

Sebenarnya saya tidak terlalu berharap karena pesan ini bisa saja ditangkap sebagi pesan yang mengancam bagi kelompok Salafy. Dan seperti biasa mungkin tidak ada artinya bagi mereka. Tapi ya siapa peduli toh, manusia tetaplah manusia. Sebuta apapun ya tetap manusia. Lagipula mungkin ini bisa menjadi referensi bagi para devian yang lain. D

Salam Damai.
 

5 Tanggapan to “Esprit Des Corpses Di Kalangan Pengikut Salafy”

  1. rozenesia said

    Ah, mencerahkan.😀

    Menguak dari sisi yang berbeda, dari sisi Sosiologi, Psikologi, dan ilmu pengetahuan lainnya.
    Mungkin kebanyakan blogger juga sedikit menyoroti, bahwa ada semacam ‘aliansi’ dalam menghadapi kelompok Salafy. Namun aliansi ini tidak sekuat dan sesolider kelompok Salafy tentunya, karena hanya bersifat sementara dan tidak mengikat. Anggotanya ada yang keluar-masuk, tergantung konflik apa yang sedang berlangsung. Yah, semacam ‘kerumunan’, begitulah…:mrgreen:

    Introspeksi diri, tidak hanya para anggota Salafy, tapi bagi kita semua sekalian. Puji Tuhan. Amin.😀

  2. rozenesia said

    Ah ya, itu komen dari tempat secondprince juga.😛

  3. bicarasalafy said

    @Rozenesia

    Betul mas, tulisan diatas dari blog secondprince. blog ini berusaha mengumpulkan tulisan yang menyoroti salafy dan wahabi, khususnya tulisan para bloger dan tentunya tulisan-tulisan dari berbagai pihak. anggaplah sebagai arsip gitu!

    Menguak dari sisi yang berbeda, dari sisi Sosiologi, Psikologi, dan ilmu pengetahuan lainnya.

    InsyaAllah akan kita usahakan tulisan dari segala dimensinya.

  4. Dekisugi said

    kalo gitu, jangan ngambil tulisan ttg salafy di blog saya. terlalu tidak ilmiah dan subyektif ala saya, hahaha!

  5. bicarasalafy said

    @Dekisugi

    kalo gitu, jangan ngambil tulisan ttg salafy di blog saya

    nggak-papa dong, kan blog ini judulnya aja “Mereka Bicara Salafy n Wahabi” jadi ya tulisan “mereka”, blog ini ingin mencoba mengumpulkan tulisan para bloger tentang salafy-wahabi, dan tentunya juga tulisan pakarnya dong!

    barangkali bisa dijadikan arsip para bloger he.. he.. he..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: