Mereka Bicara Salafy & Wahabi

nGumpulin Tulisan Menyorot Salafy Wahabi

Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis

Posted by bicarasalafy pada Januari 28, 2008

Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis

Ditulis Oleh: Blogger retorika.wordpress.com

http://retorika.wordpress.com/2007/11/12/salafy-manhaj-salaf-produk-zionis-dan-kriminal/

Semakin hari saya semakin curiga dengan ajaran plus pengikut aliran sesat Salafy – Manhaj Salaf. Apakah ini sebuah aliran yang membawa kebaikan bagi umat islam atau malah membawa petaka bagi umat islam lainya? Tetapi ini sedikit analisa saya mengenai aliran Salafi Manhaj Salaf yang didapat melalui pengikut dan ajaran yang disebarkanya.

Kenapa begitu ?

  • Karena aliran tersebut semakin di telaah semakin jauh dari ajaran islam. Yang paling terlihat secara jelas adalah aliran Salafy Manhaj – Salaf secara langsung telah melakukan pembodohan terhadap umat islam dan memberikan kesan bahwa Islam adalah agama kasar, kolot yang cenderung anti emansipasi, berjiwa kriminal, terkebelakang  dan anti ilmu pengetahuan. Akibatnya dengan aliran yang diajarkan oleh Salafi – Manhaj Salaf justru berusaha membawa peradaban umat manusia khususnya umat islam kembali ke zaman batu, ingat teori Matahari mengelilingi bumi? Disamping itu aliran Salafi Manhaj Salaf juga dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa indonesia, salah satunya terhadap pengharaman upacara bendera. Dan secara eksplisit berusaha memprovokasi perbuatan makar, dan kalo ini sih silahakan berurusan dengan yang berwajib saja.

Kenapa Begini ?

  • Pengkafiran dan penyesatan umat islam lain (Diluar pengikut aliran Salafy – Manhaj Salaf) yang dilakukan oleh penganut ajaran Salafi – Manhaj Salaf  seperti saudara Antosalafy (kelakuannya mirip agen Mossad, tapi yang ini kok ndableg ya?) yang bila dilakukan secara terus menerus dapat memacu perpecahan dikalangan umat islam sendiri. Mengharamkan sistem demokrasi   penerapan standar ganda serta melakukan pengkafiran terhadap umat Islam beraliran lain secara jelas dan tegas merupakan perbuatan yang dapat memecah belah Ukhuah Islamiah yang selama ini begitu terjaga.

Saya bukan pen”dalil” ataupun sok akhli di bidang agama Islam tetapi dilihat dari kacamata orang paling dusun pun tahu bahwa perbuatan – Pengkafiran, Pembodohan (ingat isitlah “tuntutlah ilmu sampai kenegri cina”) dan Pecahbelah sesama umat islam  ”hanya mungkin dilakukan oleh kalangan anti muslim” (yang paling seiring dikambing hitamkan) kan oran Israel, Zionis. Jadi saya menganggap bahwa produk Salafy – Mahnaj Salaf adalah rekayasa gerakan Zionis (biasa kambing hitam) yang bertujuan melakukan pembodohan umat islam dan memecah belah umat islam. Silahkan di klarifikasi sendiri karena ada beberpa sumber yang cukup kuat justru mengatakan bahwa kesalahan – kebohongan  juga terdapat pada juru dakwah aliran ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

About these ads

186 Tanggapan to “Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis”

  1. anakberbuditakberpekerti said

    mas kampret. harapkanlah kematianmu niscaya akan engkau dapati siapa dirimu di hadapan Allah.
    Klo belum tau tentang hadits Perpecahan Umat ndak usah asal jeplak. Baca Alqur’an dan Hadist
    dengan pemahaman generasi yang telah dijamin oleh Allah. Bukan dengan pemahaman yang ada di kepalamu.
    Semoga Engkau mendapat petunjuk dari Allah swt. Aamiin.

    • jusron said

      Yang buat blog ini nggak ngerti artinya manhaj salaf!
      Kalo boleh tau, yang buat blog ini mengikuti siapa sih?

      __________
      -bicara salafy-

      mengikuti Al Qur’an dan Sunnah Nabi saw. apa masih perlu manhaj-manhaj lainnya?
      kalo boleh tau apa dasar manhaj salaf? dan siapa yang disebut salaf? dan dasar apa kita berkewajiban mengikuti mereka?

      • nn said

        surat at-taubah ayat 100,
        berdasarkn hadits rosulullah yang menyatakan bahwa generasi terbaik adalah generasi sahabatku,kemudian sesudhnya(tabi’in)kemudian sesudahnya (tabi’ut tabi’in)……..dll

    • I Love Islam said

      yang nulis blog ini, udah tau dia ndak paham islam, melihatnya lagi dari kacamata org dusun berani komentar macam gitu.., makanya belajar Qur’an n Hadist, klo udah pasti anda akan ngerti mengapa bengini, mengapa begitu?. datangi ulama-ulama salaf, jangan malah dijauhi bahkan belajar dari orang-orang yang udah ada kedengkiannya dengan salaf (islam). dasar bodoh…!!!.

  2. erabytha said

    Kalo situ curiga sama manhaj salaf, lha situ harusnya curiga sama diri sendiri, paham islam nggak sih?
    Eh, jadi suuzhan! Afwan deh!
    Pelajari lagi dong Al Quran dan Hadits, tapi jangan pake emosi! Bakalan mental tuh ilmu! Kalo situ dah paham keduanya, pasti situ bakalan paham sama manhaj salaf! Terus, situ bakalan ngomong :”Bego amat,sih, aku! Knapa gak dari dulu gabung!!!”

    • abu said

      Firqoh salafy memecah belah ummat Islam, mengaku palin benar sendiri dan cenderung menghalalkan kekerasan. Insyaf lah saudara2 muslim Indonesia yang terlanjur mengikuti aliran ini. Setiap kali kalian bilang bahwa kalian paling benar, maka akan di balas oleh kaum lain bahwa dia lah yg paling benar. Akhirnya terjadi kekacauan.Kita Hidup tenang dan damai di Indonesia, jangan bikin kacau. Lihat pelajaran di Afghanistan. Taliban adalah manifestasi dari manhaj salafy. sadar dan tobat kembali ke jalan Islam yang benar, Islam yg rahmatan lil alamin adalah jalan terbaik. Hidup Indonesia

      • dea said

        baca tuh al-qur’an & hadist jgn asal komentar…
        semoga allah memberi petunjuk

      • sida said

        saya jadi bimbang….. apakah agama anda?
        tak punya imu udah memfitnah salafy, berarti anda telah menuduh Nabi serta sahabatnya dan yg mengikutinya berbuat demikian. tobatlah kau sbelum ajalmu n banyak belajar agama.

      • I Love Islam said

        klo anda berdali dari pemahaman kamu sendiri dan pemahaman barat matrelisme itu utk memfitnah kaum Salaf, jelas anda yg sesat, anda hrs memahami agama dari Al-Qur’an n As-Sunnah n pendapat para sahabat Nabi yang dirdoi Allah itu sumber yg benar n murni, jgn dari ulama2 yg pro liberialis,Pro HAM (versi USA) seperti Gusdur n sejenisnya.

      • pamela said

        ndk penah baca buku Al-quraan n terjemahannya ya???
        bukannya sudah tertulis bahwa islam akan terpecah belah menjadi 73 golongan di akhir zaman,
        jadi jika anda berusaha sekuat apapun agar tdk terjadi perpecahan, itu sia-sia..
        takdir tuhan tdk bisa terbantahkan.

        dan jangan asal menilai salaf jika anda tidak faham apa itu salaf.

  3. hamba allah said

    Bro kalau emang nggak tahu agama ndak usah ngomomng ente…..Tobatlah sebelum terlambat, semoga Allah mengampunimu

  4. ada yang berkomentar tenteng mazhab salafi seperti itu renungkan lah dalam-dalam “salahkah kita mazhab salaf melakukan apa yang dilakukan oleh nabi kita ,memerintahkan apa yang diperintahkan oleh nabi kita,dan tidak melakukan apa yang tidak di lakukan oleh nabi kita yang berhubungan dengan masalah din” lebih baik anda mempelajari dulu masalah din lalu anda boleh berkomentar saya harap anda segera bertobat menyadarai kesalahan2 anda tau kah anda kita ini adalah segolongan umat yang ingin memperbaiki pitnah-pitnah yang ada didalam islam dan mencoba untuk memurnikan lagi islam seperti islam yang ada di jaman rosululloh saw, renungkan lah…. asepsaepuloh71@yahoo.co.id

    • dea said

      setuju banget…

      • amir said

        setuju bang….kenali dan pahami dulu tentang dien, kalau dah paham baru matur. wiih kata2 bapak sungguh bijak

    • obies said

      he10xxx kasih penjelasan dong…
      Zaman Rosululloh itu zaman yang seperti apa?
      Apakah menurut anda zaman sesudah rosul itu salah…

      • kang oskar said

        gini mas obies,sepeninggalNya Rasululloh,Islam mulai tenggelam.perpecahan Islam mula disana sini,akibat umatnya yg melakukan bid’ah jauh dari sunnah.parahnya setelah generasi ke 3 yaitu setelah tabi’ut tabi’in.kalau mas obies tanya “apakah umat setelah Rosul meninggal salah…?jawabanya tentu iya,saya bertanya kenapa Islam sekarang pecah belah…?kenapa Islam skrg berada dibawah Nasrani,Yahudi…?Karna Umat muslim tdk kembali ke ajaran Islam YG SEBENARNYA.KATA SYEH HUSAIMIN”Umat muslim sekarng ini tdk mewakili Islam,banyaknya kaum muslim yg sangat jauh dari ajaran Islam.”Untuk menyatukan umat Muslim sebenarnya sangat gampang yaitu kembali ke ‘akidah yang benar,tapi sulit dalam realisasinya,lha..wong SALAFI yang berpegang teguh pada Sunnah dianggap aliran sesat,aliran kuno,antek antek yahudi,radikal,Wahabi,pemecah belah umat,wisss…masih banyak lagi cacimaki bagi yg tdk senag.Ajaran Islam dari Nabi Muhammad sampai akhir zaman ya tdk mengalami perubahan,kaloau dalam ‘akidah,tdk berkurang dan tambah.rusaknya Islam yaitu oleh orang-orang jahil yang mengotak atik hukum Islam.masih kurang ilmu mereka dakwah ahirnya menyesatkan umat.cobalah mas Obies mau ngaji sama Ustadz Salaf…eh…bukan saya membujuk lhoo… tapi untuk referensi/perbandingan aja kan kita punya penilean,mana yang menurut kita benar atau salah.dimana banyak ulama yang dakwah tapi sebagai penuntut ilmu mana ulama yang dlm dakwah paling mendekati Qur’an dan Sunnah maka itu yg diambil.Ma;af ya jngn tesinggun

    • I Love Islam said

      betul skalllli… salut sy pernyataan abang..

  5. Ahmad said

    Benar apa yg dikatakn mas sony sonjaya….tp sy harap kk anakberbuditakberpekerti jgn terlalu emosi, dengan orng yg seperti ini jgn diburu nafsu. siapa tau dia memang belum dapat hidayah dari Allah, kita do’akan saja. yg komentar kaya gini memang banyak dan bisa diciriin lewat banyaknya kata2 kotor dan kasar(ada tipenya jg ternyata) yg dilontarkan….kadang(bukan selalu) orang itu bisa diliat dari apa yg dikataknnya.

    • Abdullah said

      Iya mas. kita do’akan saja orang2 kayak gini cepat2 taubat dan kembali kepada cahaya sunnah yg bersih.. Betapa cepatnya seseorang terjerumus. mengambil kesimpulan sebelum mengetahui.

      • ilham said

        ass.kenalkan ana ilham from west java cianjur.ane tau salafy dan pernah mempelajari salafy tetapi kok mengharamkan bermajhab dan berijtihat why if you know please call me ok

  6. Ramadhan said

    KEPADA SAUDARAKU SELURUHNYA DAN KHUSUSNYA KEPADA Blogger retorika.wordpress.com

    http://al-muwahhidun.blogspot.com/2009/02/bagaimana-syiah-beribadat.html

  7. Ramadhan said

    Blogger retorika.wordpress.com berkata :
    Jadi saya menganggap bahwa produk Salafy – Mahnaj Salaf adalah rekayasa gerakan Zionis (biasa kambing hitam) yang bertujuan melakukan pembodohan umat islam dan memecah belah umat islam. Silahkan di klarifikasi sendiri karena ada beberpa sumber yang cukup kuat justru mengatakan bahwa kesalahan – kebohongan juga terdapat pada juru dakwah aliran ini.

    “Sungguh ANDA betul2 keliru dan kebanyakan berburuk sangka pada orang lain “.
    “Bagaimana ANDA bilang Manhaj Salaf menjadikan umat bodoh dan pecah belah ?”
    Silakan anda hitung pelajar di seluruh Indonesia yang sudah memanjangkan janggut mereka dan memakai hijab dengan sangat baiknya. Coba kamu bandingkan dgn sekelilingmu bagaimana dari sisi fisik KEDEKATAN mereka – semoga Alloh merahmati mereka- dengan Islam.
    Sejauh mana Anda tahu tentang Islam ?
    Katakan pada saya BERAPA TRILYUN UANG YANG DIHABISKAN UNTUK MEMILIH GUBERNUR SURABAYA?
    Mengapa kita tidak boleh menganggap kafir orang lain ?
    Namun anda jangan bicara dengan lancang sehingga anda sendirilah yang justru membodohi umat.
    Jelaskan pada saya apa saja syarat2 untuk mengkafirkan orang lain ?

    silakan anda lihat bagaimana orang syi’ah beribadah di depan kubur dan melakukan sekian banyak kesesatan.
    Buka link yang saya tunjukkan.

  8. Ramadhan said

    Blogger retorika.wordpress.com berkata :
    Pengkafiran dan penyesatan umat islam lain (Diluar pengikut aliran Salafy – Manhaj Salaf)yang dilakukan oleh penganut ajaran Salafi – Manhaj Salaf seperti saudara Antosalafy (kelakuannya mirip agen Mossad, tapi yang ini kok ndableg ya?) yang bila dilakukan secara terus menerus dapat memacu perpecahan dikalangan umat islam sendiri.

    Anda betul2 kosong dari pengetahuan tentang salafy. Anda harus buka lagi buku SD anda sebelum anda sholat dan anda buka lagi buku tata cara wudhu’ baru anda ngomong !
    Sungguh saya bersumpah demi Alloh!!
    Sepanjang saya bergaul dengan salafiyun- berbicara dan berkumpul bersama mereka- tidak ada satupun pintu terbuka yang membuat mereka mengkafirkan orang lain melainkan itu dijelaskan secara ilmiah. Ditegakkan hujjah dan dalil yang terang lagi jelas.
    Salafiyun di Indonesia – sepanjang hidupku tidak ku ketahui mereka mengkafirkan satu atau dua atau lebih tokoh-tokoh sekalipun itu seorang GusDur, Nurcholis Majid.
    Yang mereka nyatakan adalah bahwa siapa saja yang meyakini Al Qur an itu makhluk, mengatakan boleh menyembah kubur, boleh memakai jampi-jampi, halal memakan riba dan halal menduakan Alloh dengan makhluk atau malaikat- MAKA MEREKA KAFIR.
    Salafiyun tidak mengatakan pernyataan2 untuk mengkafirkan mereka dengan lidah mereka semata.
    Salafiyun berbicara dengan ilmu, hujjah mereka adalah firman Alloh dan sunnah Rosul yang dipahami serta diajarkan Rosul secara murni.

    Sepengetahuanku kita boleh mengatakan kafir kepada orang yang sudah terbukti dengan jelas dan gamblang kafir. Contoh nyata ialah : “Orang – orang yang mengaku Nabi”. Bahkan MUI pun melebeli mereka dengan kafir dan atau sesat.
    Lalu bagaiman dengan anda wahai Blogger retorika ?
    Siapkah anda mengatakan Siapa yang menganggap Alloh itu punya anak = kafir? Siap ?
    Kalo anda tidak siap- maka semut pun akan menertawakan anda !!!

    • abu said

      yang bilang kafir, yang bilang sesat dia sendiri lah sejati nya yang begitu. Tdk perlu menyuruh orang lain buka buku sd segala….kayak dirinya paling bener aja.

  9. Ramadhan said

    Blogger Retorika ngoceh :
    “Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis”

    Saya meminta anda untuk menghapus ini dari blog anda sebelum anda menyesal seumur hidup anda.
    Bagusnya anda fahami apa itu Zionis, apa itu salaf, apa artinya manhaj. JIka anda mengatakan bahwa anda tidak tahu maka itu lebih baik bagi anda dan sebaiknya anda hapus statement ini.
    Jika anda mengatakan bahwa manhaj salaf adalah produk zionis maka secara zahir- perkataan anda yang telo ini bermakna:
    Metode da’wah Islamiyah yang diajarkan dan diamalkan ulama salaf adalah produk zionis, hasil rekayasa orang2 yahudi dan secara otomatis anda akan mengamini bahwa manhaj salaf bukanlah ajaran Islam.

    SaYA KATAKAN :”Mari kita belajar lagi. Belajar alif ba ta dulu baru berani menghina manhaj salaf – jika tidak anda akan menyesal setelah anda mati”>

  10. udin said

    @ramadhan

    mas kalo salafy/wahabi dan kerajaan Saudi bukan produk zionist lalu kenapa ulama Saudi memfatwa haram mendukung hamas/haram demo menentang zionist? umat Islam dibantai Israel yahudi ulama wahabi bukannya mbela malah bikin stement (sori fatwa terlalu muluk) menguntungkan zionist yahudi.. tuh liat syekh kamu yang barusan dipecat oleh rajanya:

    http://bicarasalafy.wordpress.com/2009/02/01/ulama-wahabi-berfatwa-haram-demo-anti-israel-dan-dukung-palestina/

    dak cukup ulama wahabi saudi (shaleh alluhaidan) eh… ulama wahabi yaman gak mau ketinggalan bikin fatwa juga, hamas kelompok jihad menyimpang katanya -fatwa syekh muqbil- (lihat fatwanya di salafy online: http://www.salafy.or.id/salafy.php?menu=detil&id_artikel=578 )

    lalu apa mereka bukan antek-antek zionist mas?

    sampai-sampai raja Abdullah memecat syekh tersebut taku kedoknya terbongkanr gara-gara syekh-syekh nya yang stupid !!

  11. Ruhan said

    Siapapun Anda, Anda hebat, dengan keberanian mengungkap kebenran, walaupun masih terus harus ada telaah kritis atas doktrin salafi. Siapaun kita, kalau kita berfatwa di atas hawa nafsu dan emosi kemarahan, maka sebaiknya diamlah terlebih dahulu. sabar adalah kunci memperoleh hidayah dari Alloh swt. Kalau kita masih menuhankan jubah, sorban, aliran, jamaah, salafiah, sufiah, atau apapun atribut-atribut yang nempel pada manusia, waspadalah! jangan tyergelincir. Syethon itu cerdas, dan mbahnya cerdas, secerdas manusia yang paling cerdas. tetapi kecerdasan syethon masih kalah dengan keihkhlasan manusia, walaupun ia tidak pernah kuliah, atau mengenyam pendidikan, kaya Sayyidina Ali r.a.

  12. Abu Abdur Razaq Mohammad Sholeh Kuncen said

    Assalamualaikum
    Salaf artinya orang (islam) terdahulu yg dimaksud yaitu para sahabat Nabi, kalau anda mencela manhaj salaf berarti anda mencela sahabat nabi, karena manhaj salaf artinya mengikuti sahabat nabi dalam beragama …
    sebaiknya anda2 yg mencela banyak2lah mencari ilmu agama, ikutlah kajian2 kitab orang2 terdahulu/salaf semoga Allah memberi petunjuk pada anda semua dan menjauhkan godaan setan pada anda …
    Wassalamualaikum

    _______________
    -bicarasalafy-

    Kenapa anda mengikuti manhaj sahabat, kenapa tidak langsung aja mengikuti Nabi saw.
    bukankah diantara sahabat terjadih banyak perselisihan baik dalam bidang syariat maupun politik, bahkan diantara merekapun saling berperang dan berbunuh2an. Lalu anda mengikuti sahabat yang mana?
    kalo anda asal pendapat sahabat dicomot bisa-bisa anda malah mengikuti sahabat yang munafik…. karena diantara mereka ada yang munafiq bahkan Rasulullah saw sendiri tidak mengetahui kemunafikan mereka… baca al-Qur’an Surat At-Taubah ayat: 101

    dan yang penting lagi dimana perintah Rasullah saw agar kita mengikuti sahabat?

    • dymash said

      Untuk menjelaskan permasalahan ini, perlu antum ketahui tentang 3 hal pokok. Pertama, perpecahan umat adalah sesuatu yang tercela. Sebagaimana firman Allah Ta’ala yang artinya, “Berpegang teguhlah pada tali Allah dan jangan berpecah-belah” (QS. Al-Imran: 103). Kedua, perpecahan umat adalah suatu hal yang memang dipastikan terjadi dan bahkan sudah terjadi. Sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, “Umatku akan berpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya akan masuk neraka kecuali satu. Maka kami-pun bertanya, siapakah yang satu itu ya Rasulullah? Beliau menjawab: yaitu orang-orang yang berada pada jalanku dan jalannya para sahabatku di hari ini” [HR. Tirmidzi]. Ketiga, persatuan Islam bukanlah semata-mata persatuan badan, kumpul bersama, dengan keadaan aqidah yang berbeda-beda. Mentoleransi segala bentuk penyimpangan, yang penting masih mengaku Islam. Bukan itu persatuan Islam yang diharapkan. Perhatikan baik-baik hadits tadi, saat umat Islam berpecah belah seolah-olah Rasulullah memerintahkan untuk bersatu pada satu jalan, yaitu jalan yang ditempuh oleh para sahabat, inilah manhaj salaf.

  13. nail said

    asw
    sy org awam neh, setahu saya, mhon di benarkn jika salah, 3 generasi setelah rosul, sudah di jamin kebenaran, manhaj (pola pikir, perbuatan) oleh Allah, klo pun ada perbedaan di antara mereka, maka itu hnya bersifat furu (cabang) bukan perbedaan di hal2 yg utama, spt aqidah dsb.
    mmang benar kita hrs mencontoh rosul, tapi org yang paling kenal dg rosul adlah shbt2 nya yaitu generasi salaf(terdahulu/ asabikunal awalun. itu berarti jika kita menemukan hal2 yg nyeleneh ttg dien ini kita hrs kmbali k qur’an dan hadist, yang merujuk pada pandangan ulama salaf,( bagaimana ulama salaf bersikap trhadap dalil (qur’an hadist/) tersebut) bukan pada pikiran org2 sekarang.mengenai dalil kita 3 generasi yang di jamin oleh Allah sy lupa dalilny, bgi rekan2 yng tau mohon di sampaikan..
    mengenai hamas,wallhu’alam.
    setiap orng yg berjuang tanpa berdasar pada keinginan agar tegaknya hukum allah menurut saya yg awam ini, tdk benar. ato bahasa kasarnya misal jika hamas berjuang agar palestina merdeka saja, spt halnya plo berjuang, maka itu tdk benar. tapi klo hamas berjuang agar hukum islam bs tegak di bumi palestina dan daerah2 yg laen, mk itu hrus didukung dengan segala jiwa, harta dan doa.
    wallahu’alam

  14. abdurrahman said

    bedanya salaf sama salafy

    salaf tidak mengkafirkan orang lain, salafy mengkafirkan orang lain dengan tuduhan syirik, bid’ah, khurafat dan tahayul.

    salaf adalah generasi terdahulu dari zaman sahabat, tabi’in dan tabi’it tabi’in, salafy adalah kelompok pengikut muhammad bin abdul wahab dengan gerakan wahaby

    salaf menggunakan akal dalam memaknai qur’an dan hadits, salafy tidak melibatkan akal dan memaknai apa adanya

    salaf menyerahkan maknanya kepada allah ayat ayat semisal tangan allah ( yadullah ) allah di atas arasy dll, salafy memaknai allah punya tangan dll.

    salaf adalah generasi terbaik sedang salafy adalah neo khowarij yang lahir dari persekongkolan saud dan muhammad bin abdul wahab merebut jazirah arab dengan bantuan kolonial inggris dan membunuhi kaum muslimin di jazirah arab yang mereka anggap pelaku syirik dan bid’ah

  15. har abdilah said

    wahai saudaraku berfikirlah dahulu sebelum berbicara, karena semuanya nanti dimintai pertanggung jawabannya dihadapan Allah.Segeralah antum bertobat, karena sesungguhnya orang salaf tidak seperti itu. belajarlah dahulu baru berkotbah.

  16. adin said

    Mas, Apa perkataan Anda bisa dibuktikan secara ilmiah?
    Oiya Mas, ada pepatah Arab yang mengatakan, “Anjing Menggonggong Awan berlalu”. Ingat bukan “Kalifah” lho, tapi “awan”. Ada juga pepatah Arab yang bilang’ “Bukan sifatnya harimau nanggapi gongongan anjing.”
    Saran saya Mas, biar adil nih ya…coba dech belajar agama yang lebih baik lagi. Kalo bener Salafy itu kayak gitu, lalu bagaimana dengan Islam? And, kalo salafy kayak gitu? Kok Amerika dan Yahudi menempatkan dakwah Salafy sebagai musuh paling berbahaya.

    Eh..jangan-jangan, Anda hanya melihat dari sisi luarnya saja. Dan jangan-jangan, justru Anda yang sudah di rasuki pikiran Zionis dan ingat memecah belah umat. Tolong dech Mas, jangan seperti ini. Toh, mungkin juga karena kebodohan dan hawa nafsu sampeyan yang mendorong Anda seperti ini. Apa Salafy itu merugikan sampeyan? atau malah mengajak sampeyan pada yang bener. Coba dech buka Al BAqorah di ayat-ayat awal. Semoga kita bukan termasuk orang yang divonis oleh Alloh, tuli dan bisu dari hidayah. Maaf ya Mas…Jika benar Anda seorang muslim, maka saya sangat mencintai Anda dan berharap hidayah dapat selalu hadir dalam hidup kita. Amin

    • irkham said

      “Kok Amerika dan Yahudi menempatkan dakwah Salafy sebagai musuh paling berbahaya.”
      Mungkin pernyataan di atas perlu bukti konkretnya, karena setau saya, musuh terbesar zionisme itu jamaah Ikhwanul Muslimin. Buktinya, ketika Hasan Al Banna terbunuh oleh agen2 CIA di Mesir, di seluruh AS diadakan pesta besar menyambut kesuksesan pembunuhan itu. Begitu kesaksian Sayyid Qutb yg kala itu belajar di AS, dan itu pula yg membuatnya penasaran sehingga akhirnya beliau bergabung dengan Ikhwanul Muslimin (IM).
      Lalu apa kata saudara2 kita salafy tentang IM dan pemimpinnya ? Sejauh ini yg saya tahu, cuma hujatan saja adanya. Sebagai ahli bid’ah, berbau sufi dan macam2 sebutan. Pernahkah terpikir saudara2 salafy untuk mengembalikan Khalifah Rasyidah yg menaungi umat Islam seluruh dunia dan menjamin sistem Islam sebagai hukum yg berlaku atas kehidupan muslimin, seperti yg dicontohkan Rasulullah, khulafaur rasyidin dan generasi salaf sesudahnya ? IM yg sedang dan sudah berbuat untuk itu malah dicap ahli bid’ah. Bukankah kita yg tidak hidup di dalam kekhilafahan Islam adalah bid’ah terbesar kita, krn para salaf dulu hidup di dalam naungan khilafah Islamiyah ? Marilah kita, muslim seluruh dunia, berbuatlah, karena Allah dan RasulNYA melihat perbuatan kita. Tidakkah suatu kemunkaran, ketika ada org Islam berzina, dan tidak bisa dirajam, karena negara melarangnya ? Bukankah suatu kemunkaran, ketika pejabat korupsi triliunan rupiah, dan hudud tidak berlaku karena inibukan negara Islam ? Sadarlah semua, debat panjang ini tak ada artinya, ketika kita tdk bisa menegakkan Islam sebagai hukum yg mengatur hidup kita, bukan cuma ibadah kita pribadi. Sudahkan kita berbuat untuk tegaknya hukum Allah di muka bumi ini ? Bukan sekedar, hijab, itsbal, dan jenggot, tapi hukum Allah yg menjadi pedoman hukum seluruh manusia. Yang menjamin keadilan atas semua manusia, muslim dan non, yg melindungi setiap harta, darah dan kehormatan kaum muslimin, yg memberikan hudud dan rajam bagi pelaku kejahatannya. Sekali lagi, bukan sekadar berjenggot dan memakai celana itsbal yg disebut hukum Allah.

      • Muhammad said

        ya…aaya sependapat dengan mas irkham…tidak ada gunanya mengaku-ngaku bermanhaj salaf..namun tidak memiliki kerja nyata seperti para generasi salafus sholih yang berbuat sebaik mungkin untuk menjaga umat dari kesesatan aqidah dan dosa-dosa yang merupakan agenga besar yang diperuntukkan untuk kita dan saudara2 kita..termasuk berpecah belah…karnanya hati-hti untuk mengkafirkan,menyesatkan,merasa paling benar apaladi merendahkan atau menghujat ulama besar…kita bukan tadingan untuk kemuliaan mereka…karena Allahlah yang akan meluruskan mereka bukan dengan cara kotor demikian..kalaupun kita hina dan rendahkan ulama2 besar..maka tak kan turun kemuliaan mereka..bukankah semua boleh tolak pendapat ulama A,BC atau Z sekalipun..karena mereka bukan ma’sum..yang ma’sum hanya rosululloh..jangan turunkan akhlaqmu…dengan menghina golongan satu dengan yang lain..cara menulis artikel tanpa ilmu yang cukup walupun sudah berguru hingga jenggotan pun tidak menjamin tulisan kita tidak luput dari kesalahan..pesan saya..jadilah kita umat yang tidak slalu berselisih..dan slalu mengambul yang sama diantara kita ..kita berhak ambil mana yang menurut kita benar..walau ada yang berbeda ..selama Allah dan rosul menjadi pegangan maka janganlah sekali kali kita menghakimi orang lain..karna rosul tidak demikian …jika ada yang menghakimi…maka sesunggunnya ia bukan mengikuti apa yang ia contohkan..Mari kita sama2 bahu membahu menyusun strategi dalam menegakkan khilafah baik dalam sistem maupun diluar sistem.. Allohu’alam bishowab..

  17. abu salman said

    tidak usah di tanggapi wahai ikhwah…….gonggongan anjing tak akan menyakiti siapapun….tidak usah terpancing dengan kebodohan orang dungu semisal ini…masih banyak yang perlu kita perhatikan dan pelajari daripada sekedar menaggapi ocehan keledai dungu macam orang ini

    • ibnu said

      kasar dan stupid….ciri khas salafy

    • I Love Islam said

      saudara Irkham, kami rindu dengan berdirinya kembali daula islamiyah, terjaganya darah dan harta umat islam dari orang kafir, tp bisahkah kita raih semua itu jikalau hukum-hukum Allah belum kita pahami dan kita laksanakan walau yang kecil2 dulu semampu kita. Allah Ridho dengan amalan2 yang dilaksanakan dengan iklas dan sesuai dengan tntunan Allah. tujuan kami Salaf adalah Tauhid La Ilaha Ilallah masalah yanglain akan ikut jika Allah meridhoi, bagaimana kita menegakkan hukum potong tangan, rajam bayar diyat dll, hukum berjenggot sj n mengangkat kain di atas mata kaki (tdk Isbal) sj belum mampu dilaksnakan ???. begitukah da’wa IM ?

  18. Wanda said

    Ilmu masih cetek tapi udah berani koar-koar. Belajar dulu bung. Istighfar… tobat… Semoga Allah memberi hidayah pada anda.

  19. abu wahid said

    mas blogger itu apa sudah gila sih? kalo ga tau ga usah kemeruh to!nanti kalo mulutnya disobek-sobek malaikat baru terasa.tobat mas,pelajari dulu baru ngomong,sebelum jatah umurmu habis

  20. Buat yang posting artikel ini silakan antum buka link ini , Antum Pelajari apa itu salafy…..

  21. http://id.wikipedia.org/wiki/Salaf

  22. Saya setuju sekali dengan pendapat abu salman, Berdebat subhat seperti ini lebih banyak mudharatnya dari maslahatnya dan perdebatan yang hanya menggunakan dalillut ( Langka dalil ngajax gelut ). Lebih baik saat ini kita thalibul ilmu syar’i ber benah aqidah masing2 karena semakin kita ber ilmu semakin kita merasa bodoh… N hati2 antum dalam berkomentar tentang sahabat rasullulloh, karena apabila kita menginfaqkan emas segunung uhud pun tidak bisa menyamain derajat sahabat Rasullulloh. N inget apabila antum mengada – ngada sesuatu dalam hal “syari’at” tanpa ada tuntunan atau contoh dari Nabi Kita Rasullulloh secara gak langsung antum menuduh Rasullullah telah menyembunyikan/atau tidak menyampaikan syariat Agama Islam apalagi klo antum sampai menyampaikan suatu syari’at dengan ber dalil hadist palsu ( maudzu tidak jelas sanad nya) Secara gak langsung antum berdusta atas nama rasullulloh, naudzu billah minzalik…

    Wallahu A’lam

  23. Saya_Wahabi said

    wahai ahlul bid’ah rujuk lah kalian, krn akhir dr ahli bid’ah berada dalam kebinasaan. Sebagai mana dahulu pd zaman tabi’in, org yg pertama kali melakukan Dzikir berjamaah, pd akhirnya mereka lah yg bergabung bersama Khowarij untuk melawan para sahabat nabi shalallahu ‘alaihi wasallam.

  24. abdullah said

    AJARAN BATIL BERKEDOK TAUHID

    Salafy selalu mengobarkan fitnah dan perpecahan di dalam tubuh ummat Islam semenjak zaman Ibn Taimiyah, Muhammmad bin Abdul Wahab sampai para masyaikh salafiyin terkini seperti syeikh Rabi, syekh muqbil dan lain-lain yang diikuti secara membebek oleh para asatidz salafy indonesia yang sangat gemar mengkafirkan kaum muslim yang berbeda faham dengan mereka, baik salafy yamani ataupun haraki atau salafy yang lain ada ciri utama mereka yaitu arogan dan fanatik dengan manhaj salaf dan para syeikh mereka hanya golongan mereka saja yang benar yang lainnya menyimpang bahkan kafir…kaum salafy ini tidak ada ubahnya dengan kaum khawarij yang gemar mengkafirkan sesama muslim atau lebih tepatnya kaum salafy ini adalah penjelmaan semangat khawarij di zaman ini sebagai jamaah takfir yang mewarisi semangat kaum khawarij dapat kita ambil hikmah dari ucapan Imam Ali bin Abi Thalib dalam Nahjul Balaghah bahwa : ” Janganlah kalian bunuh kaum khawrij sepininggalku karena tidaklah sama orang yang menginginkan kebenaran tetapi terlepas darinya bagaikan terlepasnya anak panah dari busurnya(khawarij)dengan orang yang menginginkan kebatilan kemudian memperolehnya(mu’awiyah dan pengikutnya)mereka akan terus dilahirkan dari tulang sulbi dan rahim-rahim perempuan dan apabila muncul pembesar diantara mereka Allah akan melemahkan dan menghancurkan mereka…nah coba lihat persamaan salafy dan khawarij sama-sama suka mengkafirkan kaum muslim yg berbeda faham dgn mereka. Ribuan kitab di tulis oleh para ulama rujukan mereka dari abad ke abad dengan pondasi keyakinan yang rapuh mereka meyakini dengan dalil yang sangat kuat bahwa orang tua nabi Saaw adalah musyrik sejati bahkan Nabi sendiri mereka yakini pada awalnya juga orang yang sesat dengan dalil Naqli.. apa mungkin nabi terlahir dari orang-orang yang tidak suci ( Najis) karena alqur’an mengatakan orang=orang kafir adalah najis : “Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis,…’ QS. at-Taubah (9) : 28
    Tidak ada seorang Nabi pun yg lahir dari ibubapa musyrik, dan inilah juga yg berlaku kpd Rasulullah saaw.
    Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu. QS. al-Fath (48) : 23
    Maka dengan keyakinan ini saja tertolaklah semua argumentasi kaum salafy bahwa mereka adalah yang paling benar belum lagi keyakinan mereka tentang persoalan yang lainya yang sangat ganjil dan menyesatkan dan mereka tengah memprovokasi umat Islam dengan ajaran bathil berkedok tauhid.
    Dengan keyakinan itu tidaklah aneh dan berlebihan kalau kaum salafy ini gemar mengkafirkan kaum muslim yang berbeda faham dengan mereka karena keyakinan mereka diawali dengan pengkafiran kedua orang tua Nabi Saaw dan bahkan Nabi Saaw sendiri diyakini pada awalnya sesat sebelum menerima wahyu dengan dalil Alqur’an dan alhadist yang menurut mereka sangat jelas dan terang-benderang…Naudzubillahi min dzalik semoga kaum muslim terlepas dari keyaikanan ganjil dan menyesatkan dari kelompok takfir ini.

    • kang oskar said

      Mas Abdulloh jangan emosi dong,kalau anda seorang berilmu harusnya tdk begini caranya,saya dulu dilahirkan di keluarga NU DAN BERPULUH-PULUH thn jadi warga besar NU,Tapi Allah memberiku hidayah untuk memahami MANHAJ SALAF.Saya tdk mnyalahkan firqoh lain diluar manhaj salaf,teapi saya lagi menjalankan Islam secara benar.sebenarnya yang patut dicurigai yang bikin Bloger ini,tuk yg bikin blog kamu dibayar berapa si….?untuk memfitnah kaum Salaf…?

    • sida said

      siapa yg pemecah belah n siapa yg menghalalkan kkerasan klu antum blm bljr bnyk agama jgn asal ngerocos itu mulut…

  25. gara2 tulisan orang2 Jil jadi pada ribut bingung aku… yang belum tahu tentang wahabi… silahkon donlod di sini biar tahu.. jangan lupa, dengerin yang bener… jangan sambil tidur nanti malah salah denger lagi :) http://dc111.4shared.com/download/84484808/521bfad9/Ceramah__Muslim_Bab_Kitab__Memluruskan_Sejarah_Wahabi___Ust_Arman_Amri-040209_weds.mp3?tsid=20090302-015936-291edf73
    yang gak tau apa2, yang gak pernah ikut belajar kitab jangan pada ikut ngomong nanti malah salah :) setiap perkataan kita bakal dicatat lho.. awas salah ngomong…

    • agoeng said

      memang pada akhir2 ini,umat islam sendiri buanyak di sibukkan akan hal2 yang sebenarnya mereka sendiri kagak perlu membuang waktu untuk mempelajari ilmu tersebut.yang terpenting bagi kita adalah kita terus mempelajari Al-Qur’an dan hadist yang shahih dengan pemahaman Salafush Shalih (sahabat).Semoga kita selalu berjalan di atas manhaj AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH.Sesungguhnya orang akan tersesat ketika sudah mendaptkan hidayah ketika mereka sering melakukan PERDEBATAN.”Barang siapa di kehendaki oleh ALLAH SWT kebaikan,maka ia akan di berikan kemudahan untuk memahami agama ini”

  26. abu alfatih said

    “afwan sebetulnya orang-orang ahlul bid’ah itu tidak senang dengan dakwahnya salaf karena ya tau donk!mereka beribadahnya tidak berdasarkan ilmu tapi berdasarkan jidat”

    • wiko said

      COntohnya gimana ya mas??

      • arifin said

        selamatan kematian 1 hari, 3hari, 7 hari, 40, 100 hari, haul, 1000 hari..
        karena dasarnya ada di kitab samaweda dan rigweda…kalau tidak percaya silakan buka kitab agama hindu tsb…sedangkan tidak ditemukan dalam al qur’an dan hadist yang shohih.

  27. armand said

    Kejelian dan keberanian mas utk mengungkapkan kejelekan manhaj Wahabi patut diacungkan jempol. Salut deh!

    Teruskanlah usahamu kawan selama manhaj Wahabi terus mengkafirkan dan mebid’ahkan umat Islam lain serta selalu menyebarkan kebencian. Tapi kalo mereka udah sadar dan tobat, mohon dihentikan.

    Salam dari yg ga pernah cocok dgn Wahabi :)

    • agoeng said

      tolong belajar dulu ya,jangan pernah menghakimi sesuatu yang engkau sendiri tidak mengetahui ilmunya.Seharusnya kamu nanya WAHABI itu dinisbatkan kepada siapa?Syaikh MUHAMMAD BIN ABDIL WAHAB.Tapi ironis mengapa oleh ahli bid’ah tidak di sebut sebagai manhaj MUHAMMAD.Karena ahlu bid’ah tahu,kalo mereka menisbatkan dgn nama manhaj MUHAMMAD.Maka mereka tidak akan di ikuti oleh umat ini.Semoga ALLAH SWT memberikan hidayah kepada kita semua untuk dapat membedakan antara yang HAQ dan yang BATHIL

  28. Deni said

    Gw heran, yang punya blog ini sudah belajar Qur’an dan Sunnah blom sih????

    Ilmu nggk seberapa dah berani khotbah yang macem-macem, mang siapa ente??

  29. Allohu akbar, subhanaAlloh.

    kalau orang bodoh, pekok, tidak punya Ilmu Agama, miskin Ilmu Agama, biadab, jauh dari petunjuk Alloh
    kalau berbicara ngawur, ngilindur.
    lebiah baik wahai iblis pembuat blogger belajar agama dulu, ingat belajar yang benar Alquran dan Asunnah.
    demi dzat yang jiwaku ada padaNya, WaAllohi wahai pencela orang yang mengikuti sunnah nabi,ajaran nabi hati2 pasti di kehidupanmua akan berantakan, hancur, dan di akhirat termasuk oarng2 merugi
    bertaubatlah kamu sebelum ajal dan adzab menjeputmu.

  30. paling yang punya blog ini muridnya
    jalalah rahmad bandung dan ulil basoka badala cilubba.

    wong pekok wong pekok.

  31. ibnu sutomo said

    Kawanku yg punya blog,

    Sudahlah wahai kawan, saya yakin anda adalah org yg pintar dan bisa diajak bermuamalah. Daripada sibuk mencibir2 salafi/salaf kesana kemari, saya menyarankan pada kawan agar belajarlah Al Quran dan Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam karena sungguh kawan, itu amat sangat bermanfaat bagimu daripada engkau sibuk mencibir saudara2mu sesama muslim yg ingin mendekatkan diri pada Al Quran dan Sunnah Nabinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala menyuruh hamba2Nya untuk selalu mencari kebenaran tanpa kenal lelah. Dan sungguh, salaf bukanlah sebuah organisasi, ia adalah sebuah manhaj untuk memahami dinul islam, sebuah manhaj beragama yg insya Allah sudah dijamin lurus karena berlandaskan Al Quran dan Sunnah Rasulullah dengan pemahaman para sahabat dan tabi’in di 3 generasi awal yg sudah dijamin sebagai generasi terbaik oleh Rasulullah.
    “Sesungguhnya sebaik2 umatku adalah generasiku, generasi sesudahnya lalu generasi sesudahnya.”

    Jadi, akankah engkau masih mencibir saudara2mu yg ingin mendekatkan diri pada kebenaran?

    • ibnu islam said

      @ibnu sutomo

      Daripada sibuk mencibir2 salafi/salaf kesana kemari, saya menyarankan pada kawan agar belajarlah Al Quran dan Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam karena sungguh kawan, itu amat sangat bermanfaat….

      daripada salafy wahabi sibuk mengkafirkan, mensesatkan, membid’ahkan golongan islam yang lain… lebih baik mereka belajar islam yang benar (lihat situs & blog2 wahabi salafy isinya cuma sesat, bidah, kafir dll)

      salaf bukanlah sebuah organisasi, ia adalah sebuah manhaj untuk memahami dinul islam, sebuah manhaj….

      mas tolong jelaskan dalil kalo kita sama nabi saw disuruh mengikuti salaf? apa anda kira apa yang disampaikan nabi saw masih kurang? jawab ya!

      • deni said

        Allah berfirman, “Dan barang siapa yang menentang Rasul sesudah jelas petunjuk baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu’min, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembali” (QS. An Nisaa’: 115)

        Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sungguh akan terjadi pada ummatku, apa yang telah terjadi pada ummat bani Israil sedikit demi sedikit, sehingga jika ada di antara mereka (Bani Israil) yang menyetubuhi ibunya secara terang-terangan, maka niscaya akan ada pada ummatku yang mengerjakan itu. Dan sesungguhnya bani Israil berpecah menjadi tujuh puluh dua millah, semuanya di Neraka kecuali satu millah saja dan ummatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga millah, yang semuanya di Neraka kecuali satu millah.’ (para Shahabat) bertanya, ‘Siapa mereka wahai Rasulullah?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Ialah golongan yang mengikuti jejakku dan jejak para Shahabatku.’”
        (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi no. 2641, dan ia berkata: “Ini merupakan hadits penjelas yang gharib, kami tidak mengetahuinya seperti ini, kecuali dari jalan ini.”)

      • ibnu sutomo said

        Sudahlah kawanku mas ibnu islam,

        Saya tidak ingin berdebat dengan mengeluarkan dalil2, saya cuma org biasa, bukan seorg syaikh. Yg saya ingin tekankan, marilah kita kembali pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, marilah kita kembali pada Islam yg haq. Jgn hiraukan org2 yg saling mengkafirkan pdhl mereka jg blm tentu menjalankan agama dengan benar. Yg penting adalah mari kita berkaca dulu pd diri kita, sudahkah kita beragama dgn benar? Umat muslim itu bersaudara, berdiri diatas aqidah “Laa Ilaaha Ilallah Muhammadar Rasulullah”. Jgn hanya karena pengkafiran yg dilakukan sekelompok golongan yg jg belum tentu benar, membuat kita semua terpecah.

        Maaf klo kehadiran saya mengganggu wahai kawan. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala melindungi mas Ibnu Islam dan melindungi kita semua. Amin

  32. Syamsul Arifin said

    artikel yang bagus
    Saudi, Mesir, jordan adalah antek2 zionis dan amerika di timur-tengah

    Salaf secara langsung telah melakukan pembodohan terhadap umat islam dan memberikan kesan bahwa Islam adalah agama kasar, kolot yang cenderung anti emansipasi, berjiwa kriminal, terkebelakang dan anti ilmu pengetahuan…

    seratus lihat aja mana ada saintis dari negara salafi/wahabi lihat saja saudi arabia… emir2nya cuma buang duit untuk maksiyat di negara2 barat.

    Mengharamkan sistem demokrasi penerapan standar ganda serta melakukan pengkafiran terhadap umat Islam beraliran lain secara jelas dan tegas merupakan perbuatan yang dapat memecah belah Ukhuah Islamiah…

    demokrasi HARAM, sisitim kerajaan dan diktatorisme HALAL… mereka jahil bahwasanya ulama2 mereka yang berfatwa soal itu dipakai para raja yang diktator untuk melestarikan kerajaannya (khususnya kerajaan saudi arabia dan ulama-ulamanya)

    Mahnaj Salaf adalah rekayasa gerakan Zionis (biasa kambing hitam) yang bertujuan melakukan pembodohan umat islam dan memecah belah umat…

    mau rekayasa atau bukan yang jelas mereka antek zionis dan amerika.. lihat saja ketika hizbullah perang melawan israel ulama mereka teriak haram membela hizbullah yang syiah “kafir” seperti difatwakan ulama salafy/wahabi Bin Jibrin (yang barusan saja mati)… terus Ketika Hamas yang AHLUSSUNNAH berperang melawan zionis ulama mereka yang lain “Syekh Saleh al-lahidan” teriak” haram membantu hamas, tidak cukup di-haramkan- membela hamas ditambah lagi dengan fatwa Hamas Adalah “Kelompok Jihad Yang Menyimpang”

    http://bicarasalafy.wordpress.com/2009/02/01/99/

    jadi mereka adalah antek2 zionis yang nyata !!

  33. zahro said

    berpegang teguhla pada tali Allah da janganlah kalian berpecah belah.
    hal seperti ini bisa memecah umat Islam
    mari kita bersatu membangun peradaban Islam bukankah kita ibarat bangunan yang saling menopang satu dengan yang lainnya

  34. zahro said

    sebuah teko mengeluarkan air yang ada didalamnya
    bila teko itu berisi air teh maka kelurlah air teh
    tapi bila isinya air comberan maka yang keluar air comberan juga
    perkataan yang keluar dari mulut kita adalah cerminan apa yang ada di dalam diri kita

  35. dymash said

    “Pandangan MUI Kota Administrasi Jakarta Utara tentang Salaf/Salafi”. Dalam surat edaran tersebut ditetapkan:

    a) Pertama, penjelasan tentang Salaf/Salafi:

    1. Salaf/Salafi tidak termasuk ke dalam 10 kriteria sesat yang telah ditetapkan oleh MUI. Sehingga Salaf/Salafi bukanlah merupakan sekte atau aliran sesat sebagaimana yang berkembang belakangan ini,
    2. Salaf/Salafi adalah nama yang diambil dari kata salaf yang secara bahasa berarti orang-orang terdahulu, dalam istilah adalah orang-orang terdahulu yang mendahului kaum muslimin dalam Iman, Islam dst. mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka,
    3. Penamaan salafi ini bukanlah penamaan yang baru saja muncul, namun sejak dahulu ada,
    4. Dakwah salaf adalah ajakan untuk memurnikan agama Islam dengan kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah dengan menggunakan pemahaman para sahabat Radhiallahu’anhum.

    b) Kedua, nasehat dan tausiah kepada masyarakat:

    1. Hendaknya masyarakat tidak mudah melontarkan kata sesat kepada suatu dakwah tanpa di klarifikasi terlebih dahulu,
    2. Hendaknya masyarakat tidak terprovokasi dengan pernyataan-pernyataan yang tidak bertanggung jawab,
    3. Kepada para da’i, ustadz, tokoh agama serta tokoh masyarakat hendaknya dapat menenangkan serta memberikan penjelasan yang objektif tentang masalah ini kepada masyarakat,
    4. Hendaknya masyarakat tidak bertindak anarkis dan main hakim sendiri, sebagaimana terjadi di beberapa daerah.

    (Surat edaran MUI, “Pandangan MUI Kota Administrasi Jakarta Utara tentang Salaf/Salafi”, 8 April 2009, file ada pada redaksi)

  36. hamba Alloh said

    Semoga Alloh memberikan rohmat dan barokah serta hidayah kpd semua yang berbagi dan berdiskusi tentang manhaj salaf yang agung ini

    manhaj salaf adalah ajaran yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad saw dan para sahabat2nya dan para orang2 sholeh.

    orang atau klompok boleh mengklaim dirinya manhaj salaf ini, seperti halnya dengan mengatasnamakan islam atau jihad.namun yang perlu kita ketahui bahwa kalimat2 tersebut mrupakan kalimat yg agung. jadi kita harus bisa membedakan antara ajaran dengan kelompok.

    lihat saja biografi dan ajaran2 ulama salaf, sprti imam achmad,syafei,abu hanifah dan imam malik (4 mazhab)dan ulama salaf lainya.pasti kita akan takjub bahwa ajaran islam ini merupakan ajaran yang mulia sekali.
    dizaman sekarang memang banyak sekali terjadi fitnah, maka dari itu kita harus berlindung kpd alloh dari fitnah tsbt.setiap shalat kita kan membaca al fatihah agar meminta untuk ditunjukan kpd jalan yang lurus, bukan jalanya orang yang sesat dan dimurkai.

  37. awamin said

    memahami perdebatan di atas ada kesimpulan bg ikwn akhwt mgkn ada benarnya jk kita memunculkan lagi manhaj untuk salaf itu sendiri!
    Kalo kita mau ikuti islam yg benar dr pengikut awal, mestinya kita baca sejarah bahwa syiar islam pertama kali nabi saw terutama diawali pd keluarga dan kerabatnya. itupun dilakukan diam2!
    setelah ada perintah expos terbuka ternyata tentangannya luar biasa. dari fitnah2 ,cacimakian hingga pemboikotan / pengucilan oleh warga kota mekah. tiga tahun nabi saw n istri menghidupi komunitas mu’min yg sdh terbentuk sekitar 300 an orang. bayangkan jk dikurs sekarang per orangnya perlu biaya hidup harian 10.000 rupiah per hari. berarti 3jt per hr harus disediakan nabi n istri untuk pertahankan hidupnya ! merekalah salaf yg sesungguhnya!
    siapa yg paling utama? pahamilah dr bacaan sholawat kita dalam setiap sholat2 kita! tak akan dinilai tanpa sertakan sholawat pd keluarga Muhammad! daripada mati2an bela2in sahabat yg kita ga tahu apa sahabat yg setia ato yg khianat mending kenali lg keluarga Nabi saw yg selalu disebut dalam sholawat di setiap sholat2 wajib ato sunnah!

  38. anwar ghozali said

    salam..mari kita semua tetap berdakwah dengan khusnul kalam,tetap jaga ukhuwah,nan hanya semata-mata fillah..
    wassalam.

  39. Salafi said

    Di indonesia tumbuh subur trutama di jogja…golongan yg mngaku “salafi” yg hobinya mngkafirkan/bid’ah/sesatkan sesama saudara muslim yg tdk sepahamam dg tafsirnya…mereka seolah-olah Tuhan yg bisa mngkafirkn sesama muslim. Pemikiranny kolot n kaku bin bodoh. Sangat simbolistik..celana ngatung…jengot gak keurus…cadar…yg tdk brpenampilan seperti mereka disebut kroni yahudi(kafir). Mereka adalah cucu KHAWARIJ bin ZIONIS bertopeng nama “salafi”. Hati2lah dgn ajaran dari keluarga SAUDI antek zionis ini…Waspadalah saudaraku..mereka sdh menjamur dimana-mana krn dana yg kuat dari SAUDI

  40. Salafi(Salah Fikir) said

    Di indonesia tumbuh subur trutama di jogja…golongan yg mngaku “salafi” yg hobinya memecah-belah umat islam mngkafirkan/bid’ah/sesatkan sesama saudara muslim yg tdk sepahamam dg tafsirnya…mereka seolah-olah Tuhan yg bisa mngkafirkn sesama muslim. Pemikiranny kolot n kaku bin bodoh. Sangat simbolistik..celana ngatung…jengot gak keurus…cadar…yg tdk brpenampilan seperti mereka disebut kroni yahudi(kafir). Mereka adalah cucu KHAWARIJ bin ZIONIS bertopeng nama “salafi”. Hati2lah dgn ajaran dari keluarga SAUDI antek zionis ini…Waspadalah saudaraku..mereka sdh menjamur dimana-mana krn dana yg kuat dari SAUDI

  41. suryadi said

    Mas, kalau anda masih bodoh tentang islam atau masih ndusun, jangan bicara sembarangan tanpa ilmu, cari ilmunya dulu baru anda tahu siapa ada sekaligus anda mengenal islam itu sendiri dari asalnya, ya selamat belajar !!!!

  42. yudi said

    BANTAHAN TERHADAP SITUS DAN BLOG PENENTANG MANHAJ SALAFY AHLUSSUNNAH (BAGIAN X ) DAMPAK SERUAN ‘IMSAK’
    Rabu, 16-September-2009, Penulis: Abu Utsman Kharisman

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    __________
    bicara salafy

    mas ma’af blog ini tidak menerima copy-paste apalagi nggak nyambung dengan tulisan diatas.
    biasakan komentar dari pemikiran sendiri walau singkat.

  43. akhwat said

    assalamu’alaikum
    Untuk semua saudaraku se Islam … yang memfitnah pasti akan dapat balasan Allah dihinakannya dia di dunia akhirat… untuk pembuat blog ini … mau d dakwahi seperti apa juga ga akan mempan kalo Allah blum membuka hatinya dgn cahaya Hidayah Taufiq Hidayah As Sunnah … setidaknya antum2 semua sdah mendakwahi dia n pengikut2nya yg cinta pd kebid’ahan … yg menghina para sahabat nabi .. dan para ulama ( padahal merekalah yg jelas2 manusia2 yg takut kepada Allah dengan perkataan n perbuatannya amat sangat jauh dr prilaku manusia2 zaman sekarang ).. Imam Malik berkata ” Sampaikanlah As Sunnah. Jika di terima itulah yang di harapkan, namun jika di tolak, maka diamlah “. ( Jami ‘Bayanul Ilmih wa Fadlihi juz 2 hal 94 )… perkataan yg buruk yg dtg dr pembuat blog ini … sungguh perkataan antum akan di pertanggungjawabkan di hadapan Allah …. tidak takutkah antum dengan azab kubur Allah ? … tidak takutkah antum dengan neraka Allah ? ana yakin antum pasti takut dan sangat takut dengan AZAB ALLAH … Allah melihat antum membuat blog ini .. Allah mendengarkan segala amarah antum yang ada di hati … wahai saudaraku dlm islam … jadikanlah cinta n benci kita karena AllAH ….
    Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang di kehendakiNYA dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk ( Qs. Al. Qashash : 56 )

  44. humaira said

    untuk sodara blogger, sebaiknya anda wajib menuntut ilmu lagi secra benar, jangan sampai terjebak dalam fitnah menjelek2an gerakan lain, tanpa dasar, jika yang anda maksud mereka salah karena mengharamkan demokrasi dan upacara bendera.coba lihat lagi kumpulan dalil shahih yang mengharamkan berhukum pada thaghut dan mengharamkan ashshabiyah.anda akan sangat merugi jika terus menerus beropini hanya dengan dasar hawa nafsu. Terima kasih.

  45. Abu Annisa said

    Memang sudah menjadi resiko dari kita yang berjalan diatas manhaj salaf ini untuk terus-terusan di hina dan difitnah. Tapi kita tidak akan mundur ataupun berbelok arah dari dakwah tauhid ini. Untuk menjadikan mereka menerima pemahaman salfushalih merupakan perjuangan yang berat karena kita telah diserang dari sega penjuru, dari luar islam atau bahkan dari dalam sendiri.

  46. ridho ananda said

    maz, klo km tu bicara dengan ilmu jangan dengan hawa nafsu……
    cari sumber yang jelas jangan asal bicara….

  47. sutrasman said

    untuk mengetahui tentang sesatkah salaf atau benarkah salaf,kita harus belajar dan megikuti dakwahnya salaf.

  48. sutrasman said

    afwan kalau bisa ana minta tolong bagaimana dakwahnya salaf, apa perbedaan salaf dengan safiah atau salafi?sukron,,

  49. Haerudin,SPd said

    Untuk Antum,Kalau Tidak faham tentang ilmu Bertanyalah pada ahlu Zikru( Ahli Ilmu),Jangan pernah berkata dan berbuat tanpa ilmu,Sehingga anda akan sesat dan menyesatkan. Mahual ilmu?Apa kah ilmu itu?.KOlaLLAH,WaKollaRosull Wa’ala fahmi sahabat. Dari merekalah kita mencontoh beramal bermanhaj yang haq!! yang sesat itu antum!!!sudah cepat bertaubat dan beristighfar kepada ALLAH.

    ______________
    -bicara salafy-

    Ada apa wahabi/salafy khususnya dinasti wahabi saudi arabia dengan negara zionis israel, baca artikel ini:

    1. Ulama Wahabi Berfatwa: Haram Demo Anti Israel dan Dukung Palestina

    2. Fatwa Ulama Wahabi: Hamas Adalah Kelompok Jihad Yang Menyimpang

  50. abdulah said

    Ini blog yang membuang waktu. Karena sudah terlanjur saya membuka, saya ingatkan bahwa isi blog ini mencampur adukkan fakta dengan kebohongan, memutar balikkan fakta dan menyesatkan. Jika mau belajar Islam carilah sumber yg terpercaya… Bukan blog yg menyesatkan seperti ini.

    _______________
    -bicara salafy-

    Menuduh tanpa bukti sama saja dengan fitnah!

  51. nurhilaludin said

    asalamualaikum, ma’af mas, ente salah baca atau salah dengar atau salah informasi mengenai Manhaj Salaf, saya berkewajiban menyapaikan alhaq ini,coba kamu ngaji and dengerin radio 756Am. mudah2an mendapat hidayah Amiin

  52. uut said

    sebagai pembanding dari tulisan blog ini bisa kunjungi

    http://belasalafy.wordpress.com/

  53. afifah said

    berkata benar atau diam! hindari perdebatan sekalipun kita benar,karena kebenaran itu muncul dengan sendirinya! Alloh maha tahu yang mana yang benar atau yang salah, biarkan blog retorika puas mencaci maki salaf, yang terpenting kita salafy berada di jalan yang benar

  54. buat para pengikut salafi truskanlah perjuanganmu jangan terpengaruh oleh celaan manusia-manusia yg g tau tentang pendalaman agama,dan bagi para salafi jngan aneh bla kta semua di gugat,karena dalam hadist nabi besar MUHAMMAD S.A.W bahwa islam akan terpecah belah menjadi 73 golongan dan gw yakin salafi di jalur islam yg benar amin.

  55. Abu Umar said

    Kepada saudara-saudaraku ikhwah salafy
    Kalau memang antum merasa cemburu dengan perkataan kotor sdr. Abu Salafy, ana yakin itu, tapi kalau memang ilmu kita belum cukup mendingan kita diam aja, biarkan ikhwah yang mempunyai ilmu yang membantah,jangan ikut terpancing oleh perkataan kotornya,biarkan dia berkata sekehendak karena menurut ana mungkin Alloh Subhanahu wa Ta’ala masih atau selamanya menutup pintu hatinya dari Hidayah, saat ini mungkin sekuat apapun hujjah yang di katakan tidak akan membuat dia bergeming, kita doakan mudah-mudahan Alloh membuka mata hatinya atau kita serahkan kepada Alloh agar jangan sampai dia terus-terusan mencaci maki para ‘Ulama, agar umat tidak terus-terusan dibodohi dengan hal-hal yang keliru
    Wallahu a’lam

    ___________
    bicara salafy:

    Mas Abu Umar tulisan diatas bukan tulisan abu salafy, tapi tulisan blog ini: http://retorika.wordpress.com/2007/11/12/salafy-manhaj-salaf-produk-zionis-dan-kriminal/

  56. irkham said

    Sungguh, mayoritas umat Islam masih dekat dengan kejahilannya, dan jauh dari kemuliaan Islam spt yg diinginkan Rasulullah SAW, uswah kita. Maka sangat tidak produktif ketika kita cuma duduk, dan rame2 posting menghujat ato membela posting akhi pemilik blog ini. Apakah kebodohan saudara2 kita di desa2 akan hilang sementara kita adu argumen di blog ? TIDAK
    Bagi yg di luar harakah salafiyyun, justru semakin menjelek2an, meskipun sebagian adalah fakta, akan membuat org2 salafi (bukan salaf lah, krn era itu dah berlalu krn skrg kan era khalaf) tambah solid dan terkenal. Ingat teori dlm psikologi, semakin suatu kelompok ditekan, maka mrk akan kuat merapatkan diri. Jadi, mending dengan ilmu yg kita punya, kita cerahkan sodara2 kita yg masih jahil, yg shalat aja masih belepotan, ato yg masih suka ke tempat2 keramat dll, selamatkan mrk dg ilmu kita, meskipun cuma 1 ayat.
    Buat akhukum di salafi, beberapa dari komentar Anda, menurut saya rasa awam n jahil ini, masih jauh dari apa yg dicontohkan para salafus shalih yg dimuliakan Allah SWT. Anda boleh berpendapat dan berdalil, tapi utk beberapa hal yg menyangkut hal2 furu’, jauhilah dari memaksakan pendapat dan kehendak sendiri sebagai yg paling benar. Imam Syafi’i dengan qaulan qadim dan qaulan jadid-nya (maaps kl salah sebut) itu adalah contoh yg baik sekali dalam bnerliau menghormati dan menghargai pendapat imam2 yg lain. Itu jika Anda mengakui beliau sebagai seorang imam Anda jg. Bahkan Rasulullah, uswah kita semua, tidak memarahi para sahabat yg memilih mengakhirkan shalat Ashar atau memuji yg mengawalkannya dalam peristiwa perang dg suatu kabilah, krn masing2 punya interpretasi sendiri terhadap perintah Rasulullah saat itu sebelum mrk berangkat berperang. Tidak cukupkah kita dg yg dicontohkan uswah kita, ato apakah kita merasa lebih pintar dari beliau SAW ? Naudzubillah min dzalik. Tidak semua masalah dalam dien ini adalah ushul yg tidak membolehkan ijtihad. Masalah matahari mengelilingi bumi ataukah sebaliknya, itu bisa jadi ushul kalo dipaksakan utk jadi ushul, tapi benarkah demikian ? Ittaqillah ya akhukum fillah ! Wallahu a’lam.

  57. Abu Faza said

    pokoe SALAFY adalah yg trebaek untuk kita semua umat islam sejati…………………………….!!!!!!!!!!HARGA MATI!!!!!!!!!!!!!!!

  58. ishak said

    susahnya kalo sesama muslim yang dicari cuma perbedaannya aja, kenapa kita nggak bisa jalan dengan persamaan yang ada, saling hormat menghormati, jaga sopan santun dalam bicara, apa lagi bicara soal agama, didepan kita yang ketawa-ketawa itu orang diluar islam ….

  59. hari said

    mari kita pelajari lagi tentang salafy… bila memang tdk sesuai dengan AL-QUR’AN dan sunah Rasul tdk perlu ditanggapi dengan kasar dan ofensif, tp pembinaan dan sharing itu yg diperlukan. jangan menjadi manusia yang merasa paling benar, redam emosi…kawan2 semua… jangan sampai dengan perdebatan yang menjemukan ini kita terpecah belah dan semakin jauh dengan tujuan awal untuk menyatukan umat muslim dalam satu pemahaman islam yang benar. sebenarnya kaum kafir menunggu kita untuk mengalahkan mereka hanya saja mereka bingung sendiri kenapa umat muslim malah terpecah sendiri…jadi lucu kan…he he heh

  60. FAHRUL said

    Assalamu ‘alaikum
    Ana dahulu termasuk orang yang mendukung sistem politik demokrasi tetapi sekarang sudah sadar sejak bermanhaj Salaf Ahlus Sunnah wal Jamaah bahwa sistem ini merupakan kufur mengandung unsur pengambian keputusan tak berdasarkan apa yang diturunkan ALLah kan dan berdasarkan konsensus rakyatkan

  61. abdurahman said

    Yang buat blog ini sepertinya orang yang ingin memcahbelah kaum muslimin.

    Hendaklah jaga mulut-mulut kita…

    Atau kalo ga bisa-bisa dituduh juga sebagai antek zionis….

    Hati-hatilah loh tuduhan bisa berbalik

  62. Romy Yansri said

    Assalamualaikum…..Wahai saudaraku seiman….udahlah…gak usah lagi memperdebatkan apapun yang sedang terjadi…lebih baik kita sama-sama memperbaiki diri ini yang memang selalu melakukan perbuatan Dosa….ingatlah kita semua hanya akan menambah dosa dengan adanya perdebatan ini….apapun yang tertulis dan dijawab diBlog ini bukanlah diskusi….Semoga ALLAH SWT selalu membuka hati kita untuk selalu mencintai Saudaranya ..AMIN

  63. Reza Subagiyo said

    MAU TAHU KEKEJAMAN REZIM WAHABI/SALAFI SAUDI KEPADA SAUDARA SEBANGSA DAN SEAGAMANYA?

    LIHAT DISINI

    http://myartikel.wordpress.com/2009/12/28/foto-foto-kejahatan-perang-pembantaian-penduduk-sipil-di-sada-oleh-rezim-saudi-dan-yaman-dukungan-barat-amerika/

    REZIM INI BENAR-BENAR ANTEK ZIONIS/YAHUDI DAN AMERIKA

    Senjata yang mereka beli dari Amerika bukan untuk melawan zionis akan tetapi untuk membantai saudara sebangsa dan seagama mereka sendiri…

    Pantas kalo Al Bani Syekh mereka berfatwa bahwa bangsa Palestina harus rela keluar dari Palestina dan memberikan Palestina kepada zionis karena mereka sudah di taklukkan Zionis……..

    Pantas pula jika Syekh wahabi/salafi yang lain Saleh Al Luhaidan Berfatwa bahwa HARAM HUKUM NYA DEMO ANTI ZIONIS KARENA MENGAKIBATKAN KERUSAKAN DI BUMI..

    Wahai syekh-syekh wahabi/salafi Apakah Perbuatan Tentara dan Rezim negaramu (Saudi) -yang kau agung-agungkan itu sebagai pembela salaf saleh- melakukan kejahatan kemanusian dengan membantai penduduk sipil Muslim di Sa’da – Yaman, bukanlah pembuat Kefasadan dan kehancuran di muka bumi yang nyata?

    Wahai syekh-syekh salafi/wahabi mana fatwamu? apakah kamu berfatwa untuk Allah ataukah kamu sekedar Mufti bayaran yang menjual fatwa kepada para tiran dan algojo-algojo pembuat kerusakan di muka bumi?

    Ketahuilah wahai saudarku bahwa Rezim Wahabi/Salafi Saudi = Zionis
    Kejahatan Rezim Saudi di Sa’da – Yaman = Kejahatan Zionis di Gaza/Palestina

    Barang siapa membuat kerusakan di muka bumi maka baginya laknatullah dan laknat sekalian manusia, dan tentunya para ulama-ulama bayaran yang mendukung para tiran tersebut termasuk di dalamnya !

  64. IBNU YAMIN said

    KALIAN SEMUA GAK TAU YA ATAU MANG TERLALU GOBLOK SAMPAI2 BIKIN PERDEBATAN??????DASAR TOLOL SEMUA…..INGAT ISLAM HANCUR KARENA UMATNYA SENDIRI…YAH KALIAN INILAH SALAH SATUNYA….SELALU MERIBUTKAN HAL2 APAPUN…KELAKUAN KALIAN GAK JAUH BEDANYA AMA IBLIS LAKNATULLAH…..INSYAFLAH

    • sukarso said

      .INGAT ISLAM HANCUR KARENA UMATNYA SENDIRI…ya memang benar.tp kurang tepat.Kaum yahudi&nasranipun sangat gencar meporak porandakan Islam,ya ngga?Tapi kalo model ikhwan kt yg lagi keliru apa tdk kita luruskan,jangan seenakknya ngomong,Rosululloah bersabda “umatku akan berpecah menjadi 73 golongan hanya satu yang benar yang 72 masuk neraka”diantara 73 itu pasti tdk bisa dihindari perdebadan sampai hari kiamat setan bergabung diantara firqoh-firqoh itu.mengaku dirinya benar tdk harus meuduh yg lain bejad Perdebadan boleh asal ilmiah.tp kalo yang punya blog ini bukan berdebat tp memfitnah dan subahat yang disampakan.mana dalil dari QR’AN DAN SUNNAH…?untuk MENDEBAT.
      Untuk IBNU YAMIN.Antum juga jngan terpancing.coba antum pikirkan seandainya antum dituduh nyolong ayam padahal tdk melakukan,antum melakukan pembelaan ngga…?apa antum diam aja milih digebugin orang sekampung lalu diadili dibakar masa?apa lagi ini sudah menyangkut akidah yang sangat besar

  65. maaf mas menurut saya manhaj salaf tidak membawa umat ke jaman batu atau apalah.. yang saya ketahui ajaran mereka berdasar atas apa yang diajarkan oleh nabi besar kita Muhammad S.A.W.
    yang membawa ke jalan yang benar……… mungkin bagi anda dengan memoderinisasi ajarn islam,adalah suatu hal yang benar tapi itu adalah hal yang tidak benar!!
    mohon maaf kalau perkataan saya ada yang salah

  66. ajaran wahabi dan salafi memang bukanlah ajaran ahlussunnah waljamaah, ajaran ini sebenarnya sesat ia hanya membalikkan fakta sehingga menyesatkan orang. kaji ajarannya akan bertentangan dengan al-quran am sunnah.

  67. nazar said

    Pak Wirahadikusuma dan yang sefaham dengan beliau…Saya masih belajar agama. Kalau kesesatan manhaj salaf seperti yang bapak katakan tersebut, mohon diperjelas keterangan dan dalil-dalilnya atau adakah buku yang membahas kesesatan faham salaf tersebut. Saya ingin mempelajarinya sehingga dapat membandingkannya dengan jelas dan terang. Terima kasih.

  68. iqbal said

    aslamu alaikum.ehhh ntum tau salafi ngak kok asal ceplak aja kalo antum pengetahuan nya masih kurang ngak uah deh dulu nulis2 yang ada ngebuka aib sendiri kli antum tuh dasarnya bodoh.

  69. Arek ndeso said

    Menurut saya,memang salafy ajarannya baik. akan tetapi salafi dengan menganggap bid’ah,sesat yang dilakukan umat islam yang tidak sepaham dengannya,apt memperingati maulid nabi,tahlil,dzikir bersama akan mengakibatkan ukhuwah islamiyah.dengan adanya peringatan maulid nabi kita bisa berkumpul sesama muslim,begitu juga dengan tahlil dan dzikir bersama. dengan adanya perkumpulan orang2 islam disini, maka islam akan semakin kuat. tapi kalau kita mengikuti faham salafi maka kapan kita bisa berkumpul,bersatu.dengan mengikuti salafi saya khawatir umat islam kurang berkomunikasi sesama islamnya,sehingga dengan begitu akan memudahkan para musuh islam menyusup menghancurkan umat islam.
    tulisan saya disini sama sekali gak ada maksud untuk mengklaim salah atau benar. maksud saya disini hanya khawatir saja.
    Allohu A’lamu.

    • KHAIRUL AKBAR said

      Memperkuat persatuan ummat Islam bukan dengan cara yg dilarang oleh Islam, tapi lakukanlah cara cara yg sesuai dengan ajaran Islam. Persatuan umat Islam jgn diukur dari ramainya orang memperingati Maulid Nabi,Tahlilan, kenduri atau acara yg lainya, tapi lihatlah dari pelaksanaan Ibadah umat Islam itu sendiri apakah sudah sesuai dengan Ajaran Alqur’an dan Sunnah Rasul ?. Coba anda hitung mana yg lebih ramai umat yg menghadiri Maulid Nabi, tahlilan, kenduri dengan umat yg Shalat Magrib, Isa, Subuh, Zuhur dan Ashar secara berjamaah di Masjid di Lingkungan anda bertempat tinggal ? Pasti lebih banyak umat yg Menghadiri Maulid, tahlilal dan kenduri. Mengapa ini TERJADI ???????????
      Karena mereka memahami Islam ini tidak sesuai dengan pemahaman para Salafussalih !!!! Mereka memahami Islam ini sesuai dengan Hawa Nafsu mereka …………Apakah ini yg anda katakan memperkuat persatuan Umat Islam??????????????????????????????
      Tolong anda renungkan. Jika anda ingin memahami Manhaj Salaf silahkan anda belajar. Smoga ALLAH tetap memberi petunjuk kepada kita semua.

      • Ibnu Siddiq said

        Sesungguhnya perdebatan semacam ini telah berlangsung sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu, yang terjadi mulai pada ulama masing2 sampai dengan para pengikut (arus bawahnya). Kenapa masih ada ? (dan insyaAllah akan terus ada). Kalau kita jeli dan arif, ternyata masing2 aliran/manhaj atau apapun namanya mempunyai dalil yang sangat diyakini kebenarannya oleh para pengikutnya. Saya termasuk dalam golongan aswaja/madzhab syafi’i sejak kecil, dan juga banyak membaca dan didakwahi tentang salaf. Saya telah membandingkan keduanya. Walaupun saya masih mengikuti aswaja namun saya menaruh hormat kepada kaum salaf (banyak teman2 saya dari gol tsb), dan mereka juga menghormati pendirian saya, setelah kita berdiskusi dan mengetahui dasar masing2.

  70. Agusto (Muslim Insya Allah) said

    Orang berbicara sesuai dengan pengetahuannya. Apabila pengetahuannya kurang, maka secara otomatis akan kurang pula bobot pembicaraannya, karena mereka tidak dibekali dengan dasar yang belum dia pahami. Kalo ingin tahu apa itu salaf, maka ikutilah kajiannya, bukan dicari sisi kelemahan secara subjektif. Kita ini manusia, kekhilafan adalah adalah sebuah kelengkapan yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Jadi tidak layak mengomentari kekurangan seseorang tanpa kita tahu siapa orang tersebut lebih dalam. Begitu
    Afwan!!!

    • lawan said

      Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitabullah, dan sebaik-baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk urusan agama ialah yang diada-adakan. Tiap-tiap yang diada-adakan adalah bid’ah, dan tiap bid’ah adalah sesat, dan tiap kesesatan (menjurus) ke neraka. (HR. Muslim

  71. hidayat said

    assalamualaykum……….,

    rame bener nih! ada apa ya…?

    ”’mau nimbrung ntar malah jadi musuhan….., tapi kalo dimusuhi karena kebenaran aq ikhlas…hehe… MAS ADMIN YTH, perkenalkan ya: ANA MUALAF(EX KATHOLIK)SALAFY…wuiw: keren ya>?

    mau bersaksi aja:

    aq sudah muter2 ke golongan2 islam, yg bgini bginu bgitu…kok hampir smuanya ‘TAKLID’? (=TAKLID itu semacem ‘mbudeg’ atau ga mau tau lagi, kecuali apa yg diyakininya, diterimanya, misalnya: kalo orang bilang TAHLILAN itu ga ada tuntunannya, terus dia justru ‘esmosi’ bukannya nyari kebenarannya, apa bener apa ngga….getu kira2lah (namanya juga ‘mualaf’) dikoreksi sajah.
    nah…ini yang jelas beda mas admin…! sekalikali saya ngga pernah berkiblat pada ‘saudi’ atau ‘wahabi’ …ngga! saudi mau gmn aja..apa urusan saya. saya cuman berkiblat: maa qolallah wa qola rosulullah..(bener ga tulisannya ya) dan apa2 yg dikerjakan orang2 terbaik dlm generasi ummat ini….

    jadi ngga kesiapa2 mas. kalo kebetulan yg memberikan ‘hujah’ itu berkebangsaan saudi, ya dipake tow mas, tapi bukan negaranya, ‘hatta’ seandainya ada ulama amerika-sekalipun, bila ia benar dlm berhujah..>ya harus saya pakai dong mas…apalagi ulama indonesi….SELAMA MEREKA MEMILIKI HUJJAH akan saya pakai….

    jadi please, mbok hentikan ceramah sampeyan yg ngalorngidul kayak kebakaran jenggot ini…. sayangi agama ini mas, kita seiman kok ‘melebihi’ setan kebenciannya, saya waktu katholik aja dulu ngga sebenci sampeyan ini kepada umat islam…lha kok sampeyan yg islam begini….

    hirup nafas dalem2 mas….atur, buang esmosinya dulu…..kalau ada yg salah, silahkan anda ‘BER’IJMA” dulu, kalo sudah silahkan berfatwa: misalnya ‘salafy haram’ buktinya :blablabla…. nanti juga akan dinilai! yg ngeluarin fatwa ini orang beneran apa boong2an…. getukan ‘akhi fillah….???

    FITNAH INI TIMBUL DALAM SEMUA AGAM: YAHUDI, KRISTEN DAN JUGA ISLAM!!! mereka semua keok! knapa?? ngga ada lagi ‘FILE’ nya yg asli!!! kecuali islam! ada QUR’AN….ada ‘hadits’ …dan inget…ada’ILMU SANAD’ yg tak dimiliki oleh selain ummat islam…! yang mana ulama akan mampu mengetahui….kebenaran sebuah ‘khabar’….tuh!

    saya sarankan mas admin belajar lagi deh, masak kalah sama mualaf….

    tanpa mengurangi rasa hormat saya karena saya yakin mas admin juga saudara ‘seislam’ ….

    semoga bermanfaat.

    wassalam.

    dari yang baru masuk islam kemaren sore……….

  72. hidayat said

    eh satu lagi mas, kalo sampeyan seorang blogger…ikut aja GOOGLE ADSENSE, lumayan ni SEO-nya, pasangin iklan biar dapet $$$, pengunjungnya juga masya allah, tadi juga kesasar masuk kesini karena ada di halaman pertama gugel dengan keywords : manhaj salafy…! wow! pas masuk…wuiww ..komennya!!!

    jadi knapa ngga sekalian dimanfaatkan buat nyari duit??? jelek2 bgini ane jg dikit2 tau soal blogger lho…hehehe!

    cuman, semuanya pasti akan ada pertanggungjawaban lho mas…. dunia akherat… jangan2…justru malah sampeyan yg jd pasukan penyebar fitnah….? kalo ngga percaya di sini(dunia) entar juga mas akan tau…..(di akherat) naudzubillahmindzalik…

    so, anda kumpulkan semua data dan fakta untuk apa tow mas??? mbok dipelajari dulu tow….salahnya dimana, buruknya dimana….lha wong ini semua cuma ‘HAWA NAFSU KEBENCIAN SAMPEYAN’ saja, jauh panggang dari api….jauuuuuuuh….

  73. Rino said

    Anda Salafy atau bukan…. yang Anda semua sudah saling hujat dan menghakimi satu sama lain.

  74. baskoro said

    Assalaamu’alaykum Wr Wb

    Subhanalloh
    Sungguh hebat orang yang mengatakan, membuat statement Salafy Manhaj salaf = Produk Zionis..
    Apakah anda sudah menelitinya dengan benar, dengan keilmuan. Apakah anda mengatakan ini dengan nafsu atau dengan kemampuan keilmuan anda? kalau pake ilmu..ilmu apa yang anda miliki? Hadist? tafsir Quran? dll? Ilmu inteligent? politik atau siyasah? Berapa lama anda meneliti tentang Manhaj Salaf atau manhaj2 lainnya? Apakah anda mengerti apa itu zionis? apa itu yahudi?

    Apakah anda memiliki semua ilmu itu? sehingga anda bisa mengeluarkan statement seperti itu? apakah data yang anda suguhkan sudah benar2 diperiksa? [soal Wahabi haramkan ....] saudara tahukan anda dengan Tabayyun? cek dan ricek segala berita atau informasi yang anda terima, terus pahami maknanya…jangan asal telan.

    Saya kagum anda benar2 berani mengatakan itu.

    hati2 dengan bahaya fitnah saudara..
    apa yg anda tulis bisa jadi fitnah yg maha bahaya…
    statement anda; merusak ulama2 [salaf] terdahulu hingga kini. yg keilmuan dan ketaqwaannya saya yakin jauh dibanding anda.

    Anda sudah hafal berapa hadist/ sunnah? sudah hafidz Quran kah? sudah memahami makna/ tafsirnya?

    hati-hati dalam bicara.
    kalaupun bicara harus ada dalilnya, ada data yg lengkap, jelas dan benar2 teruji.

    Camkan pernyataan kawan2 di sini.. bahwa anda akan menyesal kelak saat anda diujung usia. Jika pernyataan anda ini ternyata adalah salah besar.

    pahami..renungkan..

  75. lawan said

    kita berpegang teguh pada alquran dan hadits aja..
    —————————————————-
    Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitabullah, dan sebaik-baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk urusan agama ialah yang diada-adakan. Tiap-tiap yang diada-adakan adalah bid’ah, dan tiap bid’ah adalah sesat, dan tiap kesesatan (menjurus) ke neraka. (HR. Muslim)

    • pras said

      Barangsiapa menimbulkan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita yang bukan dari ajarannya maka tertolak. (HR. Bukhari

  76. amie said

    assalamualaikum….
    perdebatan yang cukup panjang…

    لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
    untukmu agamamu dan untukku agamaku!
    (Q.S.AL KAFIRUN : 6)

    cukup urus diri masing” toh tidak ada yang tau syp yang paling benar..
    kita tetap 1 aqidah yaitu Islam..

    cukuplah itu bagi kita u tetap bersaudara…

  77. ahlussunnah wal jammaah said

    yah dy malah ribut…heh nti kita di ketawain ama yahudi zionist n kafir nasoron…, umat islam harus satu.. sallafy dgn ahli hadist nya..ikhwan dgan tarbiyah islam nya., jamaah tabligh dgn semangat memakmurkan masjidnya…

    jgn pecah belah..kita semua masih nyembah ALLAH SWT kan?????????????

    • Fiko said

      nyembah c nyembah tapi kalu cara – caranya ga seperti yang Rasulullah ajarkan ya percuma aja, CAPEK kita….ingat amalan itu tak hanya ikhlas saja kepada ALLAH SWT. tapi juga harus sesuai dengan apa yang Rasulullah SAW. ajarkan

  78. agus said

    wahai sahabatku… jika engkau memang sempurna…. murkalah kau…
    ingat bid’ah, bid’ah itu sesat dan sesat itu tempatnya di neraka….
    kontrol cangkemmu

  79. Vizan Palestina said

    Salafy Manhaj Salaf = Produk Zionis

    ?????????????????????????????????????????????????????????????????

    Buktinya mana, Fakta yang jelas…Bukan dari hasil pemikiran yang keblinger

  80. abu nabil said

    Alhamdulillah Salafiyah semakin menjadi sorotan umat dunia, Allah memberi kemudahan dalam meluaskan manhaj yang memegang teguh kemurnian ajaranNya dengan kritikan, kecaman dan fitnah yang mereka lontarkan menjadi penyebaran pengetahuan manhaj salaf yang membuat mereka penasaran, biarlah akhi mereka mencemooh manhaj ini tak usah didebat bukan kah rosululloh bersabda bahwa islam itu akan terasing dan menjadi asing bagi mereka, siapa yang tetap teguh menjalankan kemurniannya Allah tidak akan mengingkari janjinya, pasti pahala menjadi imbalannya, karna bagaimanapun tugas kita hanya belajar menuntut ilmu Allah dan mendakwahkannya sesuai dengan ajaran yang di sampaikan oleh Rosululloh SAW dan pemahaman para sahabat, karna hanya Allah yang berkuasa membolak balikkan hati setiap kita……Kita hanya berdoa semoga Allah memberikan Taufik dan HidayahNya kepada mereka saudara2 kita yang belum memahami manhaj salafiyah ini…..

    • wahab said

      betul, tadinya saya ndak ngerti “ibadah”, cuma ikut2an yang ndak disuruh Nabi tapi repot ngerjain.. nah melalui dakwah salafiyah inilah yang menuntun pada hidayah..

  81. poerwandi said

    bagi saya keberadaan manhaj salafi atau faham salafi itu memang harus ada agar ajaran islam berimbang, karena mungkin banyak aliran atau faham semisal aliran sufi, tasawuf, walaupun saya sendiri lebih senang belajar ilmu tasawuf. buat semua aja mari kita kuatkan ukhuwah islam. wassalam.

  82. Wira said

    Sungguh Anda ini adalah manusia Bodoh Dan kebodohan Anda Telah Menyesatkan Anda…

  83. obies said

    Mengapa harus berantem…
    Kita sesama muslim adalah saudara
    Mengapa saling menyalahkan….
    lebih utama jika kita semua belajar mencari kesalahan diri sendiri…
    Bukan menyalahkan orang lain…
    Karena yang kita sebut SALAH, justru kadang itu yang BENAR..
    dan mereka yang kita sebut BENAR, justru kadang itu yang SALAH..
    Perbanyaklah istighfar untuk mendapatkan pengampunan,,,
    perbayaklah Sholawat untuk mendamaikan dan menyejukkan hati kita..
    Ingat….
    Hanya Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang akan selamat.

  84. khalid bin walid said

    Salafi laptop…ingat LAPTOP….emamg sesat…dan menyesatkan dan emang kelompok terakhir bakal jadi penyokong yahudi/dajjal….aku yang programmer aja tahu…amati saja cara ngeyelnya dia dengan cara ngeyelnya israel… sama kan….masak maqom Ibrahim AS yg jelas2 disebut di Qur’an sebagai ayat-ayat dari Allah mau dihancurkan….sekalian aja hancurkan hajar aswad…atau ka’bah….atau kuras habis air zam-zam dimana niat peminumnya akan terlaksana karena berkah air zam-zam itu…

    • SalafWannabe said

      ente ngomong apa sih mas ???…ga jelas gitu XD…
      yang bilang ngapain juga mesti dipermasalahin masalah kayak gini, ini masalah agama Islam mas, berarti kita harus saling menasehati satu sama lain sesama muslim, nah kalo yg memberi nasehat itu ternyata benar dan bisa menunjukkan bukti2 kenapa ga diambil ??? ya tapi kalo salah jgn diambil laaahh..XD..itu bawa2 progammer, ana kok programmer ga mikir sampe kesitu yah..XD…lagian tau darimane salafy itu penyokong yahudi atau dajjal ??? ente nulis programnye dari awal salah kali tujuannya jadinya hasil program ente kesitu deh..XD..hahaha..atau emang udah salah coding ??? ckckck…ana juga dolo mbandel pas denger yg di ajarin dalam salafy,..eh ga tau kenapa atau Allah yg berkehendak lama2 mbandel ane itu ilang sendirinya tanpa ada gangguan siapa2…jadi ikhlas deh jalanin diatas salafy…Al-Qur’an dan Sunnah…wogh luar biasa…seperti kata Ibnu Mas’ud “SEDERHANA DALAM SUNNAH LEBIH BAIK DARIPADA BERSUNGGUH2 DALAM BID’AH” Subhannallah ane tergetar dengernya…^_^

    • Fiko said

      ya iyalah Lu seorang programer yang ga tau menau masalah DIN / agama dengan bener, kerjaan LU cuma ngotak ngatik komputer aja. mending Lu mengenal ALLAH SWT. dengan benar, mengenal Rasulullah, shalat, puasa, dan sebagainya. makanya Lu ngomong asal ” NYABLAK ” belajar donk tentang DIN / agama ALLAH SWT. biar Lu ngerti bagaimana ustadz’ yang memegang MANHAJ SALAF ni berdakwah. semoga ALLAH SWT. memberikan TAUFIK dan HIDAYAH agar kembali kepada jalan yang lurus yaitu jalan yang mengikuti AL – Qur’an, Hadist & Ijlma para ulama.

  85. Teguh Akbar Fikom Unisba 2010 said

    eh ajaran ente tuh yang seenak jidat, bereaninya ngatain manhaj salaf sesat, apakah nahnu atau ente, nahnu ikuti Qur’an Sunnah, ente tuh injil

  86. Teguh Akbar Fikom Unisba 2010 said

    Eh Alhamdulillah, Salafy gk pernah nyembah kuburan, gk pernah nadzar selain Allah, gak pernah kirim pahala, jauhi Syirik, Bid’ah, Etika Islam tuh, jikalau dapet 1 perihal dengan dalil yang lebih kuat dan referentif, maka harus pindah haluan, eh baca tuh kitab Asy-Syafi’i (Al-Umm), gakn oernah tuh memuja kebid’ahan, pelaku maksiat tuh, ada kemauan taubat, eh kalo abang Ustadz pelaku bid’ah, gak bakal ada kemauan taubat buat ninggalin bid’ahnya, dan pelaku bid’ah ntuh! telah Su’udzan pada Allah, menganggap Allah dan Rasul-Nya kuarang dalam nyampein Syari’at

  87. soni said


           klo menurut ahli hadist gag pantes menyebut dirinya manhaj salaf ,...wong imamah aja gag punya kkok.ngomong dari jalur manhaj salaf ooh wala salafi....salafi

  88. soni said

    klo menurut ahli hadist gag pantes menyebut dirinya manhaj salaf ,…wong imamah aja gag punya kkok.ngomong dari jalur manhaj salaf ooh wala salafi….salafi

  89. soni said

    salafi tu pantasnya jadi ahli syirik lebih pantass….krna dia termasuk golongan firqoh .itu jelas sekali buktinya

  90. soni said

    tidak hanya salafy siapa saja yg keada’an firqoh / ndak mempunyai imamah yg di bai’at tu hukumnya firqoh dan firqoh itu termasuk syirikk

  91. Teguh Akbar Unisba said

    oh jadi firqah yang gk punya imamah musyrik yach, kan imam kita Rasulullah Shallu ‘alaihi wa ‘ala aalihi wasallam, lihat dech al-hujurat ayat 1, an-nisaa 59 tentang ulil amri(pemimpin yg mengambil qur’an dan sunnah) dan ana tau, ente orang syi’ah itsna ‘asyariah, yg punya kitab sendiri(mushaf fatimah), meratap 10 Muharram, aqidah Reinkarnasi Imam, menentang aqidah taqdir, Subhanallah, semoga ane salah sangka ma antum

  92. Teguh Akbar Unisba said

    Oh yach, salafy itu bukan firqah, tetapi manhaj atau cara berislam mengambil qur’an sunnah menurut pemahaman ulama salaf dan ahli hadits, jadi org diluar salafi itu bukan berarti bkn islam, kami gk hrs disebut salafi, jd jgn pecah belah, “dan berpeganglah kamu sekalian pada tali(agama) Allah, dan janganlah bercerai berai”

  93. firman said

    ngapaen pusing2… tingal ikutin aja arus nya. sekarang kita semua hanya bisa menerka dan mengira… kebenaran nya nanti tunggu kita mati… jangan mempersalahkan siapa benar dan siapa salah… pasti semuanya mau benar… dan semuanya mempunyai landasan dan dalilnya masing2 biarpun sampai mati gak bakalan ada pemenangnya. yang penting jangan menyimpang dari rukun islam dan rukun iman… itu aja deh…

  94. sukarso said

    ASSALAAMU’ALAIKUM untuk yang yg punya blog.antum pasti diketwakan orang.antum berkata”Saya bukan pen”dalil” ataupun sok akhli di bidang agama Islam” kan mengakui kebodohanya kok beraninya bicara Agama.antumkan pengekor yg tdk berdalil yang soheh tukang taklid buta,serampangan menuduh tanpa ilmu.Ulama menyatakan firqoh itu sesat. tdk sembarangan, mereka baca ratusan kitab untuk referensi,istimbad dlam fatwanya.dan yang mengatakn ini sesat itu sesat bukan orang awam kaya kamu ,itu bagian Ulama,sah saja antum mendebad asalkan secara ilmiah yatu dgn KOLOLLOOHU WA KOLA ROSUL.Yaitu brehujah dngn Quran dan ASSUNNAH.bukan dngn ro’yu/akalmu.kalo cara antum seperti itu anak SDpun bisa.cobalah antum mau ngaji ke ustad Salaf,supaya tidak terus menerus kena subahat.imama Ahmad bin hambal berkata “KALO KITA INGIN TAHU GURU KITA SALAH MAKA NGAJI DGN GURU YANG LAIN”Bukan brarti mau menyalahkn guru kita, maksudnya punya perbandingan mana diantara USTADZ yang berhujah dngn Qur’an dan Sunnah itulah yg diambil.antum mngkin ngaku mahdzab ASS-YAFI’I,coba baca dlm kitab INGANATHOLIBIN bab jannaiz,justru melarang TAHLILAN.Imam AN-NAWAWI kitab RIADUSOLIHIN juga sama.di tafsir IBNU KATSIR,Bab menafsirkan surat ANNAJEM,Beliupn sama.Masih banyak lagi kitab sebagai rujukan.makanya yaaaaaaaaa..akhi&ukhti marilah kita banyak menuntut ilmu supaya tdk gampang menuduh serampangan.

  95. Teguh Akbar said

    setuju bgt!
    Ok lah

  96. sukarso said

    Assalamu’alaikum.
    Untuk semua kaum Muslim tanpa membedakan pemahaman.
    “BERBAGI PENGALAMAN”
    Dulu saya dilahirkan di keluarga yg berorganisai yg paling besar di negara ini,dan berpuluh-puluh thn sy mengikuti organisasi tersbt. sekian puluh thn saya mengikutinya,dan menganggap itu yg yerbaik,juga saya bangga dg organisasi itu.Lalu saya mulai mengenal MANHAJ SALAF.Awalnya saya ragu dan brgejolak di jiwa ini antara menolak dan menerima,saya butuh waktu tahunan untuk mencerna Manhaj salaf,Alhamdulillah Alloh kasih hidayah kepadaku,ahirnya saya bisa menerima MANHAJ SALAF.Salaf adalah bukan golongan dan organisasi,akan tetapi jalan memamahami Ilam sesuai pemahaman para Sahabat.kenapa begitu…?ko tdk ke Rosulalloh sekalian..?kalou sudah sesuai Sahabat sdh barang tentu,sesuai dgn Rasulalloh.karena mereka generasi pertama yg terbaik langsung menyaksikan Wahyu turun.Kenapa muncul SALAF,setelah Rasul wafat Islam sudah mulai bermunculan aliran-aliran islam,yaitu Syi’ah rafidoh.khowarij,mu’tazilah,tasauf juga Ahli BID’AH bertebaran dimana-mana dan masih banyak lagi yg lainya.Sahabat ‘Umar bin khotob pernah berta kpd sahabat Ibnu ‘Abas Rodiallohu’anhum.’KENAPA UMAT ISLAM BERCERAI BERAI,PADAHAL MEREKA PAKAI QUR,AN DAN HADIST YG SAMA?,Dijawab oleh Ibnu ‘abas,”betul mereka berhujah dgn Qu,ran&Sunnah akan tetapi dengan pemahaman mereka masing-masing.Coba kita lihat sejarah sebelum dibunuh Sahabat ‘Ali bin abu thalb didebat oleh orang Hawarij dgn ayat Quran,Belau maejawab”BETUL APA YG KAMU UCAQPKAN ADLAH HAQ.AKAN TETAPI APA YANG KAMU MAKSUDKAN ADLH KEBATILAN'”jadi walaupun berhujah dgn Qur,an dan Sunnah belum tentu benar tergantung apakah sudah sesuai pemahaman para Sahabt apa belum.
    Munculnya MANHAJ SALAF,dari dulu banyak yang tersinggung dan gerah,ahirnya memfitnah Ulama salaf,katanya antek-antek Yahudi,Zinis,seludupan Nasrani dan Amerika dibelakangnya.Masya Allah alangkah beratnya ujian yg harus ditanggung Ulama Salaf.dicerca,dihina oleh musuh-musuh AHLUSUNNAH WALJAMA’AH.Yaitu AHLU BID’AH,
    Tersingungnya mereka ada beberapa faktor,yang mereka selama ini melakukan ritual yg diklaim sebagai ibadah ternyata bid’ah,jadi banyak ulama yg kebakaran sorban, ma,af bukan kebakaran jenggot krn jenggot adalah haram dicukur apalagi dibakar.Dari dulu hanyalah Ulama salaf yang fokal berani mengatakan yg haq adalah haq,yang bid’ah adalah bid’ah,makanya banyak musuhnya.
    Untuk yang tdk bermanhaj salaf,janganlah berkat keji kpd Ulama.biarkan Para Ulama yg berdebat krn mereka bedebat dg ilmu kita sebagai tolibul’ilmi tdk usah emosi buat apa kalangan bawah berdebat,kitakan sama-sama muslim,perdebadan orang yang berilmu bkn untk mencari perpecahan justru mencari jalan kebenaran.
    untuk sementara ikuti dulu para Ulama masing-masing.Diantara para Ulama yg berhujah dg Qur,an dan sunnah dg benar maka itu yg diikuti.
    Untuk Saslafiyun,kalian berkatalah dengan lemah lembut jangan menghujat firqoh lainya,berdakwalah dg ahlak Rasulalloah,bukankah mereka Muslim juaga?,Subahanalloh alangkah damainya diantarakaum Mslim kumpul bersama berbagi ilmu yg manfaat,jngan mencari-cari perbedaan,bukankah selama merka mengucapkan LAILAHAILALLOH MUHAMADURASSULALLOH,itu masih Muslim?
    kita diajarkan untuk tdk berlebih -lebihan.tdk Ta’asub,ghuluw kepada Ulama salaf.memeang memang orang berpegang dijalan Sunnah bagaikn memegang bara api,kuat ngga kita…?Al-ghuroba ,kita adalah orang yg terasing, menjalankan Sunnah dianggap nyeleneh dan semoga saudara-saudara yg menghujat kaum Salafiyun mendapatkan HIDAYAH DIATAS SUNNAH,Salaf kita tdk sebaik generasi Sahabat,akan tetapi marilah kita usaha sebaik-baiknya supaya mereka paham apa itu SALAF.
    DEMIKIAN ,APABILA SAYA DALAM KOMENTAR ADA KESALAH MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA,UNTUK DILUAR SALAF DAN KAUM SALAFIYUN MUNGKIN ITU DARI KEBODOHAN SAYA YANG KURANG DALAM BERILMU

    • Kacung Ngaran said

      Naaah ini dia lagi orang yang “tersesat”. Hayoo cari lagi!!!
      Dan cari serta tampilkan orang yang bertobat seperti Salafy Tobat (asal jangan ngarang), Biar kite tahu kenapa dia tersesat dan kenapa bertobat?

      إقتصاد في سنة خير من اجتهاد في بدعة
      “Sederhana dalam Sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh dalam bid’ah” (Syarah Ushul I’tiqad Ahlis-Sunnah 114 oleh Al-Laalikai – dari perkataan Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu).

  97. aku_sdg_mempelajari_manhaj_salaf said

    wahai saudara2ku sekalian. jgnlah kalian berdialog atau berdebat dengan hawa nafsu. berdebatlah dgn ilmu. jgn saling mudah mengkafirkan org lain. pelajari lagi ttg golongan2 dgn teliti dan seksama. telusuri saja internet apa yg disebut dgn manhaj salaf itu sebenarnya. jgn cepat mengambil kesimpulan apalagi kesimpulan yg tidak baik. semoga Allah SWT mengampuni kita semua.

  98. rizki said

    salam ,,

    ana adalah orang yang bermanhaj salaf/salafiyun ,,kpd antum semua saya katakan ;
    demi ALLAH bahwa manhaj ini bebas dari antek2 yahudi atw = zionis.

    sesuai dgn kaidah usul fikih,”yg d tuduh hendaknya bersumpah, dan yg menuduh harus MENDATANGKAN BUKTI”

    maka kpd antm yg memfitnah kami ,,silakan datangkan dalil, saksi(yg bsa d pertanggungjawabkan) n bukti nyata bahwa kami adlah golongan sesat.kalau antm tak bsa mendatangkan bukti yg ilmiah maka antum adalah zalim yg memfitnah salafy.

    dan asalkan antum ketahui ,,bahwa ciri2 ahlul bid’ah itu adalah mereka hanya bsa memfitnah tanpa bukti dan dalil mereka hanyalah cacian dan hinaan belaka, sebagaimana musuh2 rasulullah dan para sahabat dahulu menentang dakwah yg hanif ini ..

    • Kacung Ngaran said

      Biasa mrk “merasa” tersinggung dan terkena ada yg berdakwah tentang kesesatan, padahal yang disampaikan adalah hadits Rasulullah SAW.Kalau tidak “merasa” melakukan yaaa tidak usah sewot dong.
      Ali Bin Abi Thalib berkata ” Simak “apa” yang dikatakannya, bukan “siapa” yang berkata.

      • maman said

        astagfirullah………..
        .
        .tolong dong jangan lg pernah mengatkan atau mengecap seseorang dengan sesat,,,
        .kalau antum mengaku islam berlakulah sperti halnya islam…

  99. AHMAD said

    1). Al Qur-an telah menjelaskan bahwa As Sunnah (perkataan dan perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) merupakan penjabaran bagi isi Al Qur-an. Sebagaimana firman ALLAH TA’ALA tentang kedudukan Rasulullah… “Dan KAMI turunkan kepadamu Al Qur-an, agar kamu (Muhammad) menerangkan kepada ummat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka.” (QS An Nahl : 44)

    2). ALLAH TA’ALA juga berfirman, “Barangsiapa menaati Rosul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati ALLAH. Dan barangsiapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) KAMI tidak mengutusmu (Muhammad) utk mjd pemelihara mereka.” (QS… An Nisa':80)

    Dan As Sunnah (perkataan dan perbuatan Rasulullah) ini tidak mungkin kita ketahui kecuali melalui perantara para shahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

    Oleh karena itu tidak ada jalan bagi seorang muslim yang termasuk dalam golongan firqatun najiyah kecuali mengikuti Al Qur-an dan As Sunnah yang dipahami menurut pemahaman salafush sholih.

    Mengapa harus sesuai pemahaman salafush sholih?

    Dalil2nya antara lain:
    1). “Hendaklah kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah khulafaa’ur rasyidiin yang mendapat petunjuk sepeninggalku, berpegang teguhlah kalian dengannya kemudian gigitlah ia dengan gigi gerahammu (pegang erat-erat).” (HR Abu Dawud—->SHAHIH).

    2). “Bintang adalah pengaman langit, jika bintang punah maka tibalah saat yang dijanjikan untuk langit. Aku adalah penjaga shahabatku, jika aku pergi (wafat) maka tibalah saat yang dijanjikan kepada mereka. Sahabatku adalah pengaman bagi ummatku dan jika shahabatku pergi (wafat) maka akan datang apa yang akan dijanjikan terhadap mereka.” (HR Muslim——>SHAHIH).

    3). Umatku akan berpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya akan masuk neraka kecuali satu. Maka kami-pun bertanya, siapakah yang satu itu ya Rasulullah? Beliau menjawab: yaitu orang-orang yang berada pada jalanku dan jalannya para sahabatku di hari ini” [HR. Tirmidzi].

    4). Sebuah atsar dari shahabat yang mendapat bimbingan langsung dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yakni Abdullah bin Abbas…
    …Jika beliau (Abdullah bin Abbas) ditanya tentang suatu permasalahan, jika jawabannya tersurat jelas dalam Al Qur-an, maka beliau akan menjawab dengan Al Qur-an… Jika tidak tersurat jelas dalam Al Qur-an, maka beliau akan menjawab As Sunn ah… Jika tidak tersurat jelas dalam As Sunnah, maka beliau akan menjawab dengan pendapat Abu Bakar dan Umar bin Khaththab. Jika ternyata tidak ada, maka beliau menjawab dengan pendapat beliau sendiri (yg tentunya beliau memenuhi syarat u mengambil pendapat beliau sendiri dikarenakan sangat menguasai ilmu2 Al Qur-an As Sunnah dan dasar2 ilmu islam lainnya). (HR Ad Daarimy dg sanad yg SHAHIH).

    Lalu bagaimana dengan orang2 yg menjabarkan isi Al Qur-an secara langsung tanpa melalui penjabaran As Sunnah yg sesuai pemahaman para shahabat????
    Bukankah apa yang mereka lakukan adalah merupakan suatu kemungkaran dikarenakan menyelisihi penjelasan2 dlm Al Qur-an As Sunnah dan Atsar salafush sholih berdasarkan dalil2 shahih diatas?

  100. AHMAD said

    Bolehkah kita mendiamkan mereka dalam kemungkaran? tentu tidak !
    amar ma’ruf nahi mungkar harus ditegakkan sbgmana perintah ALLAH TA’ALA dalam Al Qur-an (TENTUNYA DENGAN NIAT IKHLAS KARENA ALLAH SEMATA DAN DENGAN BAHASA YG SANTUN).

    Menjaga ukhuwah islamiyah dan amar ma’ruf nahi mungkar sama2 perbuatan mulia yg diperintahkan o ALLAH TA’ALA dalam Al Qur-an, jadi tidak mungkin keduanya saling bertentangan, krn perintah ALLAH TA’ALA yg satu dengan lainnya tidak akan pernah bertentangan…

    Dengan kata lain, kegiatan amar ma’ruf nahi mungkar yang ikhlas dan santun tidak mungkin merusak jalinan ukhuwah islamiyah.

    Kalaupun ternyata ukhuwah islamiyah itu kemudian menjadi rusak, maka kesalahan bukan pada aktivitas amar ma’ruf nahi mungkarnya, melainkan pada orang2 yg didakwahi, tidak bersungguh2 menuntut ilmu, tidak mau berlapang dada u menerima dan kemudian mendalami pemahaman2 yg telah disampaikan kepadanya yg mungkin saja ternyata benar…

    WALLAHU A’LAM BISHSHOWAB…

  101. odi said

    kalau saya sih bingung mana yang benar, kenapa mereka mencarai perbedaan ? apakah salah kalau kita mencari kesamaan aja! giman Islam mau bersatu kalau umatnya itu mencari perbedaan dan menyalahkan satu sam yang lain, namanya pendapat dan hasil pemikiran orang kan beda-beda, jadi menurut saya Islam Kalau mau berkembang harus bersastu dan jangan mencari-cari Kesalahan orang lain, sekarang ini orang -orang yang Ingin melihat Islam Itu hancur merasa gembira dengan permusuhan-permusuhan yang di lakukan oleh sesama orang islam Inilah yang mereka Inginkan,,,,,,

  102. odi said

    oh ya ini juga penting , para Guru-guru Atau Ustadnya jangan lah menebarkan Perbedaan-perbedaan slalu didalam kajian atau pengajian, selagi syahadat, Kitab,dan Kiblat Kita sama kita masih bersasudara Afwan ye Sebelumnya….

  103. wahaby salafy said

    Bismillah.

    mencela ahlul Bid’ah (jarh) dan memuji ahlussunnah (Ta’dil) adalah jalannya Salafusshalih hingga Yaumil Qiyamah.
    Ikhwa wal akhwat rahimani wa rahimakumullah. Semoga Salafiyyah akan memenuhi setiap Rumah manusia dimuka Bumi, seperti cahaya matahari yang menyinari Bumi. Gak Usah berdebat dengan JIL (Jaringan Iblis La’natullah Alaih) berdebat dengan assy’ariyyah,Mu’tazillah. dan segenap pemikiran sesat lainnya. Hanya akan mengeraskan hatimu. yang benar tetap benar yang bathil tetap bathil, walaupun manusia menghiasinya dengan perkataan indah, ataupun di ikuti orang-orang banyak.Aliran sesat Mulai kejepit, makanya jurus sapu jagad udah mulai keluar. semoga bibir sumbingnya si Ulil Bosor akan di sumbingkan sesumbing-sumbingnya di akhirat kelak, karena mulutnya yang mencela bukan Hanya kaum mukminin,gak main-main yang dicelanya Alqur’an sebagai manifestasi Budaya Arab saja. mencela ahlul bid’ah adalah jalan kaum mukmin, Allah mencela Kafirrun dan munafikun tanpa menyebut kebaikan mereka.lantas mereka mau membalas mencela! apa yang akan kalian cela dari para salafusshalih. Syi’ah produk Bin Saba’ Yahudi tuh agen zionis!!!jangan tuduhannya salah alamat Mas. Ulama salafy siang malam membantah kebathilan dan kekafiran yahudi.kok dituduh jadi agen yahudi. Mbiing sumbing!jaga tuh bibir bang!!! ntar tambah robek, dasar Assy’ariyyah+Syi’ah+JIL (klop deh kalian betiga nongkrong di hati si empunya Blog)! mas kalo mo nyari traffic tinggi biar Pagerank naik ato alexa biar cepeet. ada cara yang lebih ampuh. gak usah ginian!Basi!dunia gak dapet!akhirat keok loo!!

  104. Imam Widodo said

    Yang punya blog ini kayanya orang yang demen ama yasinan, tahlilan, ziarah kubur “wali” …

  105. putra said

    yg bikin blog ini kurang baca…

  106. edwin saputra said

    asslm… alhamdulillah saya tidak dibutakan seperti pembuat blog ini, meski jujur, saya sendiri belum nengetahui dalam tentang salaf… namun hidayah-Nya ini akan aku simpan dan saya aplikasikan dalam kehidupan saya yg masih kurang iman ini…

  107. maman said

    asalamkm…..afwan sbelumnya,,saya kelas 3 sMA di bandar lampung,,,sy cuma memberikan sebuah rontaan dari jiwa terdalam saya kalau sy menolak keras kalau ada yang mengatakan Mahnaj Salaf adalah rekayasa gerakan Zionis (biasa kambing hitam) yang bertujuan melakukan pembodohan umat islam dan memecah belah umat islam. perlu diketahui bahwa sy mengenal banyak dunia modern atau dunia style skarang ini pdahal sy sendri mendalami salaf….magkn belum mengetahui sj pembelajaran manhaj itu bagaimana bg mereka yang mengatakan bgitu…….

  108. Reza said

    Seru….Seruu……!!!!!
    Seru Abis deh pokoknya…
    Yang debet jga “PINTER-PINTER” dech!!!!
    Hahahaahha

  109. Manhaj Salaf dengan manhaj Salafi/wahabi jelas sangat jauh berbeda dari banyak sisi, tidaklah mengikuti manhaj salafi/wahabi kecuali Ahli Bid`ah dan pasti orang Jahil.

    • WAHAII.. AL’AKKH’ JANGANLAH ENGKAU BERAGUMEN TANPA DATANG DARI NASH-NASH SYAR’II ‘ YANG SOHIIH ,, MELAINKAN KEJAHILAN 2″ YG SADAR MAUPUN TAK SADAR… TELAH MENDATANGKAN’KESESATAN AMAT GANAS BAGIMU.. KARNA ENGKAU TAK MENGETAHUI.. PERMASALAHAN YG MENGGEMPUR..UMAT ZAMAN MUTA’AKHIRIN INI MELAINKAN AL’JAHLU BID’DIEEN.. (BODOHNYA TERHADAP DINUL ISLAM ).. SUNGGUH SEJATINYA’ APA YG DIKATANKAN OLEH : FADHILATUL ALL’ALAMMAH SYAIKH: MUHAMMAD IBNU SHOLIH AL’USTSAIMIN ROHIMAHULLAH.. ‘ DEWASA INI UMAT ISLAM TELAH MENGGEYAM JAUH SUDAH KESESATAN YG AMAT FATAL.. DARI SEGI ZOHIRNYA YG REAL ‘ MELAINKAN DENGAN POLA MENTAFSYYAH(MEMBERSIKAN UMAT ISLAM DARI VIRUS-VIRUS KESALAHAN ) METARBYYAH (MEMBINA UMAT ISLAM DEGAN AJARAN BERLANDASKAN AL’QUR’AN DAN HADISTH PEDASARKAN PEMAHAMAN SALAFUSHOLIH ALAL FAHMI SAHABAT..

  110. ahsanil akhlaq said

    jangan asal bicara tentang manhaj salaf ya….!!!
    jangan bicara jika tidak tahu ilmunya…!!!
    baca lagi Al-Qur’an dan As-sunnah…!!

  111. abu miqdad said

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    بسم الله الرحمن الرحيم
    BAHAYA BERITA FASIK

    Suatu ketika Nabi mengutus Walid bin ‘Uqbah bin Abi Mu’ith untuk memungut zakat Bani Mustaliq. Ia menerima tugas itu tanpa ragu-ragu. Tetapi syethan telah menggoda hatinya dan menggoncangkan imannya. Ia merasa was-was untuk pergi ke Bani Mustaliq itu, karena khawatir kalau dirinya akan dibunuh. Di tengah jalan, sambil memperlambat jalan untanya, ia bimbang dan ragu, berat rasanya untuk memenuhi tugas yang dibebankan Nabi, sebab jiwanya pengecut. Maka diputuskannya lagi untuk kembali ke Medinah.

    Setelah sampai di sana, ia bercerita kepada Nabi:
    “Bani Musthaliq kini telah kembali kafir. Mereka tidak mau menunaikan zakatnya, dan bahkan mereka sudah sepakat untuk menyerang kaum muslimin.” (H.R. Ahmad dalam Musnad).
    Tentu saja Nabi memberikan perhatian sangat serius dengan berita yang dibawa Walid itu; bahwa mereka telah kafir, tidak mau berzakat, dan bahkan akan memerangi ummat Islam!

    Suatu kejutan dan berita gawat bagi Nabi dan kaum muslimin!

    Di tengah kemarahan itu Nabi menyadari sendiri, bahwa kemarahan tidak dapat diselesaikan dengan kemarahan juga, tetapi dengan: “Mohon perlindungan kepada Allah dari syethan terkutuk”.

    Telah bulat tekad nabi untuk memerangi Bani Mustaliq, kalau tidak karena Allah mencegah pertumpahan darah itu. Melalui wahyuNya, Allah memerintahkan Nabi agar mengecek kebenaran berita Walid bin Uqbah. Kurir yang dipercayai untuk mengadakan pengecekan dengan tiba-tiba ini adalah pedang Allah, Khalid bin Walid, duta Nabi dan kepercayaan Islam.

    Berangkatlah Khalid ke Bani Mustaliq. Di batas kota ia berhenti untuk mencari informasi dari penduduknya tentang sikap mereka yang sesungguh-nya. Ternyata apa yang ia dengar langsung adalah berita baik-baik saja, dan tidak ada yang harus ditakutkan. (Ahmad Muhammad Jamil, “Al-Qashashu al-Rumuzi fi al-Quran al-Karim”, (terjemahan) pag. 116-118)

    Sehubungan dengan kasus di atas, maka turunlah ayat 6 sd 8 surat Al-Hujurat (49):

    Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpa-kan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.(QS. 49:6)

    Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, (QS. 49:7)

    sebagai karunia dan ni`mat dari Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 49:8)

    DEFINISI FASIK
    Perbuatan Walid bin Uqbah di atas disebut Allah sebagai perbuatan orang fasik, dan berita yang bersumber dari orang fasik hendaklah diteliti, agar kita tidak menyesal di belakang hari. Lalu apakah yang dimaksud dengan fasik itu?

    Kata “fasik” adalah berasal dari bahasa Arab “fasaqa” yang mengandung pengertian sebagai berikut:

    Menurut Ibnu Umar: asal “al-fisq” adalah keluar/ menyimpang dari sesuatu (أصل الفسق الخروج من الشيء) seperti firman Allah “maka ia (iblis) fasik dari perintah Tuhannya”, maksudnya, “iblis keluar dari perintah”. Seseorang dinamakan fasik, karena ia telah terlepas dari perbuatan baik (وسمي الرجل فاسقا لا نسلاخه من الخير). (Al-Gharib lil Khatthaabi Jilid I hal 603)

    Di dalam hadits misalnya kita jumpai:

    في حديث النبي أنه قال خمس فواسق يقتلن في الحل والحرم الفأرة والعقرب والحدأة والغراب الأبقع والكلب العقور

    “Lima jenis fasik yang dibunuh pada waktu halal dan haram (tahallul dan ihram): Tikus, kalajengking, burung elang, burung gagak yang belang putih dan hitam, serta anjing liar.”

    قال ابن قتيبة لا أرى الغراب سماه فاسقا إلا لتخلفه عن أمر نوح حين أرسله ووقوعه على الجيفة وعصيانه إياه وحكي عن الفراء أنه قال لا أحسب الفأرة سميت فويسقة إلا لخروجها من جحرها على الناس

    Ibnu Qutaibah berkata: “Aku berpendapat bahwa burung gagak dinamakan fasik hanya karena penyelewengannya atas perintah Nuh yakni sewaktu beliau mengutusnya, dan gagak bertengger di atas bangkai dan mendurhakai Nuh”. Lalu orang menyebut tikus, maka ia mengatakan: “Aku kira tikus disebut fuwaisiqah (si kerdil fasik) hanya karena ia keluar dari lobang persembunyiannya kepada manusia.” (Al-Gharib, ibid)

    Bila kita meneliti kasus yang menjadi sebab turun ayat di atas, dimana Allah SWT menyebut Walid bin Uqbah sebagai fasik, maka sifat perbuatannya adalah sebagai berikut:

    Mudah menerima suatu tugas tetapi tidak bertanggung jawab.
    Karena sifat pengecut, maka ia menebarkan issue bohong atas Bani Musthaliq.
    Demi kepentingan pribadinya, maka ia tidak menghiraukan bahaya pertumpahan darah yang membahayakan masyarakat banyak.
    Sifat-sifat Walid bin Uqbah ini adalah sifat munafik tulen. Jadi munafik sekaligus disebut fasik.

    Rasulullah SAW bersabda:

    حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

    “Tanda munafik itu ada tiga; Apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia mungkiri dan bila ddiberi amanat ia berkhianat” (HR. Bukhari/ Al-Iman/ 32; Muslim/ fil Imam/ 89; At-Turmuzi/ fil Imam/ 2555; An-Nasa’i/ fil Imam wa syara’iihi/ 4935, dan Ahmad/ Musnad II/ 357,397,536)

    Berdasarkan keterangan para ulama, maka fasik dapat disimpulkan dengan:

    Segala perbuatan yang keluar dari ketaatan./ Segala perbuatan yang keluar dari istiqamah (keteguhan memegang prinsip agama)/ Segala perbuatan maksiat/ Segala kedurhakaan/ Segala kebohongan./ Segala pengkhianatan atas agama. (Lihat: Mukhtaru al Shihhah, Jilid I/ hal. 206; Al-Gharib lil Khattaabi Jilid I hal 603; Al-Faiq, Jilid III, hal. 55, 116; an-Nihayah fi Gharib al-hadis, Jilid III, hal 446; Lisanul Arab, Jilid IV hal. 225, Jilid V, hal 47, 144, Jilid X, hal 208, dan Jilid XII hal. 270).

  112. abu miqdad said

    KEHANCURAN UMMAT ISLAM
    Kasus yang terjadi pada masa Rasulullah SAW yang menyebabkan turunnya surat Al-Hujurat di atas sekaligus menggambarkan bahaya kefasikan sebagai ancaman bagi keutuhan ummat Islam. Oleh sebab itu, segala berita atau sepak terjang orang-orang fasik harus diwaspadai.

    Di samping kasus Walid bin Uqbah juga terdapat kasus turunnya surat An-Nur ayat 11-20:

    ‘Aisyah isteri Rasulullah SAW ikut bersama beliau dalam perang Bani Musthaliq. Tetapi ia ketinggalan baju rompinya. Maka ia kembali ke belakang, ke arah Medinah, diantar oleh satu regu tentara senior.

    Di tengah perjalanan kembali itu terlepas pula kalungnya, lalu hilang. Karena itu ia mengulangi jejak sendirian dan mencarinya agak lama.

    Seorang dari regu pengawal merasa khawatir, lalu melacak di mana ‘Aisyah berada. Kuda ‘Aisyah terlihat minggat membawa sekedupnya.

    Kalung ditemukan oleh sang pengawal. Dan pada waktu itu ‘Aisyah tinggal seorang diri di padang pasir. Ia kedatangan rasa kantuk, lalu tertidur dibuai angin sahara.

    Pagi haripun datang, dan ‘Aisyah bangun dari tidurnya. Tiba-tiba ia melihat Shafwan bin Muatthal sedang menjemput sesuatu yang terjatuh atau tercecer. ‘Aisyah melihat Shafwan dan mendengarnya mengucapkan kata-kata: Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

    Setelah menjemput kalung yang tercecer, kemudian Shafwan membawa kembali ‘Aisyah ke dalam rombongan untuk selanjutnya bergabung dengan rombongan Nabi SAW. Hati Shafwan lega, sebab ia telah menyelamatkan seorang yang paling dicintai Nabinya, dan ‘Aisyah juga gembira karena sudah dapat berkumpul kembali dengan suami dan keluarga besarnya, setelah ia terpencil sendirian di padang pasir.

    Namun demikian kegembiraan ‘Aisyah belum tuntas, karena diikuti dengan banyaknya issue, berita bohong, fitnah dan gosip-gosip.

    ‘Aisyah isteri Nabi, anak seorang sahabat terhor-mat dari keturunan bangsawan mulia itu difitnah ada main dengan Shafwan, seorang anak Mu’atthal, pahlawan dan sahabat yang mati syahid”.

    Alangkah bohong berita itu!

    Paling tandas dalam mengeksos berita itu dan penyebar luasnya di kalangan masyarakat adalah Abdullah bin Ubay bin Salul. Nah, mulut-mulut usil mulai berbisik-bisik di pasar dan di tempat-tempat yang banyak orang-orang berkumpul, sehingga dalam waktu relatif singkat, meratalah kabar bohong itu. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Abdullah bin Ubay untuk melampiaskan sakit hati dan menuruti ambisinya.

    Alangkah keji tindakannya itu!

    Nabi pun sedih bercampur masygul. Begitu pula keluarga Abu Bakar. Beliaupun sampai mengerutkan keningnya, kepada siapa beliau akan menanyakan sesuatu yang akan bisa menghilang-kan kemasygulan-nya tentang ‘Aisyah. Kepada sahabat-sahabat beliaukah? Atau kepada keluarga ‘Aisyah? Atau isteri-isteri Nabi yang lain? Atau langsung kepada ‘Aisyah?

    Mereka semua menyaksikan kebenaran dan kesucian ‘Aisyah, tetapi bagi ‘Aisyah sendiri berita bohong itu sebagai pukulan hebat. Lalu dia datang menemui ayahnya: “Perlukah aku menjelaskan kepada Rasulullah?”, katanya. “Atau ayah ibukah yang harus menerangkan persoalannya kepada beliau?”

    Keduanya ragu-ragu dan bingung, bagaimana dan apa yang harus mereka katakan, haruskah mereka berdiam diri hingga turun ayat kepada Nabi?

    “Demi Allah, kami tidak tahu bagaimana kami akan menjawab”, kata mereka.

    Setelah kedua orang tuanya tidak dapat berbuat apa-apa dan dadanya sesak bernafas, maka keduanya hanya dapat berkata:

    “Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah tempat memohon pertolonganNya terhadap apa yang kamu ceritakan? (Yusuf: 18)

    Jawaban mereka persis seperti jawaban Ya’kub yang kehilangan Yusuf, anak yang sangat disayang dan dicintainya.

    Allah tidak menyia-nyiakan kesabaran yang suci dan murni dari ‘Aisyah yang mulia, atas musibah yang menimpanya, bahkan juga musibah bagi kaum muslimin dan muslimat di saat itu, hingga Allah menurunkan ayat-ayat kepada Nabi Muhammad SAW. (Ahmad Muhammad Jamil, “Al-Qashashu al-Rumuzi fi al-Quran al-Karim”, op.cit hal 18-21)

    Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar. (QS. 24:11)

    Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang mu’minin dan mu’minat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak) berkata: “Ini adalah suatu berita bohong yang nyata.” (QS. 24:12)

    Mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak mendatangkan empat orang saksi atas berita bohong itu? Oleh karena mereka tidak menda-tangkan saksi-saksi maka mereka itulah pada sisi Allah orang-orang yang dusta. (QS. 24:13)

    Sekiranya tidak ada kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu semua di dunia dan di akhirat, niscaya kamu ditimpa azab yang besar, karena pembicaraan kamu tentang berita bohong itu. (QS. 24:14)

    (Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar. (QS. 24:15)

    Dan mengapa kamu tidak berkata, di waktu mendengar berita bohong itu: “Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini. Maha Suci Engkau (Ya Tuhan kami), ini adalah dusta yang besar.” (QS. 24:16)

    Allah memperingatkan kamu agar (jangan) kembali memperbuat yang seperti itu selama-lamanya, jika kamu orang-orang yang beriman, (QS. 24:17)

    dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. 24:18)

    Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang amat keji itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang, kamu tidak menge-tahui. (QS. 24:19)

    Dan sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu semua, dan Allah Maha Penyantun dan Maha Penyayang, (niscaya kamu akan ditimpa azab yang besar). (QS. 24:20)

    PENUTUP
    Kita ummat Islam hendaklah mawas diri dari perilaku fasik, karena kefasikan itu adalah dimurkai Allah SWT, berbahaya bagi diri kita sendiri dan bagi masyarakat umumnya.

    Seharusnya ummat Islam waspada atas segala tindak-tanduk orang-orang fasik, terutama menanggapi segala berita yang berasal dari mereka yang mungkin menimbulkan fitnah di kalangan ummat manusia umumnya, dan ummat Islam khususnya.

    Ahmad Muhammad Jamil mengatakan:
    “Amatlah disayangkan, bahwa sebelum dan sesudah ini kita masih sering terperangkap dalam keragu-raguan, terpukul oleh berita-berita bohong, provokasi (hasutan), isu-isu, gosip dan berbagai infiltrasi (penyusupan) yang sangat merugikan kita sendiri. Berapa banyak fitnah dan langkah politik yang melarutkan kita ke dalam penyesalan, sehingga ummat Islam terpecah belah, melepaskan tali kekeluargaan, persaudaraan dan perdamaian.” (Al-Qashashu al-Rumuzi fi al-Quran al-Karim:, (terjemahan) op.cit pag. 118)

    Jika berita orang fasik saja bisa mengancam keselamatan ummat, maka lebih berbahaya lagi apabila yang menjadi pemimpin ummat adalah orang-orang fasik itu sendiri. Oleh sebab itu, hendaklah kita menjauhi pemimpin yang fasik dan tidak memberikan loyalitas kepada mereka, sampai mereka kembali kepada prinsip Islam yang sebenarnya. Wallahu a’lam.

  113. Ismet said

    Penulis Blog ini “Asal Bunyi” Semoga diberi hidayah

  114. abah zahra said

    Saya setuju dengan artikel ini ….
    Wahabi memang didirikan oleh para penyembah iblis, zionis yang beragama kabbalah …. musuh tauhid sesungguhnya, pendukung dajjal ….
    Agama tauhid Nabi Musa sudah dirubah dengan agama zionis Israel, oleh Samiri, penyembah patung sapi, dan didukung oleh Amerika ( Uncle Sam / Paman Sam, kependekan dari Samiri )
    Agama tauhid Nabi Isa AS sudah dirubah oleh Paulus, yang juga beragama zionis, menjadi kristen. Orang kristen, kalau menemukan ajaran Paulus bertentangan dengan ajaran Nabi Isa AS, maka mereka akan mengikuti Paulus, walaupun Paulus itu bukan siapa, sangat jauh masanya dari Nabi Isa AS. Ajaran tauhid Nabi Isa AS, dirubah menjadi trinitas / tuhan tiga oleh Paulus. Orang kristen sangat benci terhadap orang yang masih menganut tauhid dari Nabi Isa AS, unitarian, mereka dikejar2, dan bukan dianggap manusia.
    Ajaran tauhid Nabi Muhammad SAAW, yang tadinya tauhid satu, tidak dipisah2, dirubah oleh Ibn Abd Wahab menjadi tauhid tiga. Orang wahabi, kalau menemukan ajaran Ibn Abd Wahab bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad SAAW, maka mereka akan mengikuti Ibn Abd Wahab, walaupun Ibn Abd Wahab itu bukan siapa, sangat jauh masanya dari Nabi Muhammad SAAW. Orang wahabi sangat benci terhadap orang yang masih menganut tauhid dan ajaran dari Nabi Muhammad SAAW, mereka dikejar2, dan bukan dianggap manusia….
    Itulah hakikat sesungguhnya wahabi…. pendukung dajjal, seperti kata Nabi SAAW …. waspadalah

    • UNTUKMU…. WAHAII PARA PENDEWA AQHALL,, KEBATHILAN’ YG KAU JADIKAN PILAR-PILAR ARGUMENMU YG JAUH DARI YG HAQ…. ” MAKA SEJATINYAA,,, JANGANLAH KAU BERKATA DI SETIAP KHALAYAK UMAT INI… TANPA KAU TAU MENYADARI… LEBIH DINI,,,, DASAR-DASAR SELUK BELUKNYA” SUNGGUH KAU BERKATA TENTANG MANHAJ SALAF.. IALAH; DAPUR ZIONIS” APAKAH KAU TIDAK MENGENALL SESUNGGUHNYA DARI HAL ITU……..YG SEBENAR BENARNYA,, TANPA KAU FAHAMI DULU ” MAKA SEYOGYANYAA TARIKLAH ARGUMENMU YG HINA ITU” YG MEMBUATMU TERCEBUR DALAM DERASNYA KEJAHILAN….. BAGI SETIAP KEBODOHAN YG AMAT CELAKA,,,,, BAGI DIRINYA SENDIRI”.. FROM:PROF.DR;ABU YA’LAA BABUSSALLAM.MPIL’ ALUMNI FAKULTAS ILMU SYAR’II ,, DI; INDIA.. DEWASA INI..

  115. antum said

    menurut ane, ada sesuatu ganjil disalafy..
    ia percaya dengan hadist tapi ada hadist yang mereka ingkari…

  116. hardiono said

    @ abah zahra

    Kebanyakan Muslim dari golongan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah berdiri di posisi yang berseberangan dengan Muhammad Bin Abdul Wahab, termasuk saya. Tapi tak ada Muslim dari Ahlus Sunnah yang menyebut dia merubah tauhid yang satu menjadi tiga. Nampaknya anda bukan dari golongan Ahlus Sunnah

    • @ hardiono , yang dimaksud abah zahra , m. abdul wahhab mengikuti Ibnu Taymiyah yang membagi Tauhid menjadi 3 gitu lho… dan pembagian Tauhid itu adalah Bid`ah sesat sebagaimana dinyatakan oleh fatwa Mufti-mufti mesir.

  117. Dolor2, saudaraku, yg bersyahadah ASYHADUALAH ILAHA ILLAH WA ASYHADUALAH MUHAMMADARASULAH….MARI KITA BERISTIGHFAR. Para Imam besar sebelum kita sangat tolerant terhadap semua ragam budaya pikir manusia kok…kita yg masih MENYEMBAH NAFSU…saling berebut kebenaran. Bukankah Allah sudah menegur kita… Kulil haqqu mirrabikum … (surat Kahfi). Sadarilah BERSAMA target musuh utama KITA adalah PERPECAHAN DIANTARA MUSLIM.
    LET’S BE BACK TO THE HOLLY QURAN AND AL-HADITS

    • glykos said

      ini baru nasehat yg bijak,,,
      mba2 n mas2 yg pada komen,,
      mbok jgn mw di kambing hitamkan ky gni,,
      toh 7an kita ridho Allah SWT to…

  118. diki said

    ya Allah klo dah seperti ini orang diluar islam yang tertawa. kenapa? karena sesama umat islam menghujat. dihujat bales dengan hujatan. memang menghancurkan islam
    dari orang islam itu sendiri

  119. Ibnu Musa said

    maaf, saudara-saudara, siapapun anda. mengingat yang selalu muncul ke permukaan tentang salafy ini adalah masalah isbal, jenggot, selametan kematian dan lain-lain, maka ada beberapa pertanyaan nih.
    1. apakah isbal itu haram, yang keharamannya sudah disepakati oleh ulama’?
    2. apakah memelihara jenggot itu wajib, yang kewajibannya disepakati oleh para ulama’? kalau memang ya, seberapa penting kita memelihara kerapian jenggot agar tetap terlihat rapi atau cukup dibiarkan begitu saja?
    3. kadang ditemukan di kalangan salafi ada yang shalat memakai sandal jepit, bersujud di tas tanah tanpa lantai dengan alasan mengikuti Rasulullah. bagaimana tanggapan salafy yang lainnya? benar, benar dengan catatan atau salah.
    4. manakah yang lebih prioritas, menjaga hati dari syirik, nifaq, riya’, permusuhan, dendam atau dengki ataukah menjaga sikap dzahir kita agar tidak melanggar syari’at?
    5. kita semua rindu persatuan ummat. persatuan ummat seperti apakah? satu pemahaman dalam semua ajaran Islam? mungkinkah? atau perlukah kita bikin garis, ini prinsip dan ini tidak prinsip. namun jangan-jangan kita berbeda lagi tentang batasan tersebut.
    6. saya pernah mendengar bahwa Salafy membid’ahkan ilmu hisab. benarkah?
    7. samakah antara menuduh seseorang sebagai ahli bid’ah dengan menuduhnya sebagai kafir? kalau berbeda, di mana perbedaannya?
    8. samakah tuduhan bukan ahlussunnah dengan tuduhan kafir? di mana perbedaannya?
    9. tentang selametan kematian. bagaimana dengan seseorang yang menyelenggarakan atau ikut selametan tersebut atau ridlo dengan adanya selametan tersebut tapi tidak menganggapnya sebagai bagian dari agama dan hanya menganggapnya sebagai tradisi. apakah tetap bid’ah (menurut salafy)?

  120. Nazar said

    Untuku Amalku dan untukmu amalmu…
    tp saranku sbaiknya yng menulis artikel di atas belajar lagi tentang salaf jangan memfonis sebelum tau isinya.
    trus belajar islam lebih dalam…

  121. Budi said

    Saudara2ku, di dunia maya ini banyak sekali orang jahil. Seyogyanya, berdakwalah dengan ilmu. Ketika menjumpai orang yag tidak berilmu, sampaikan ilmu tersebut. Jika dia berubah menjadi baik, alhamdulillah, itulah yang diharapkan. Jika tidak, anda2 sudah menunaikan tugas untuk menyampaikan kebeneran (Hadits).
    Banyak orang jahil yang tidak berilmu, dan mereka tidaklah dapat dikatakan kafir, mereka melakukan dosa besar dan kesesatan, sehingga tidak wajib untuk kita perangi dan kita tumpahkan darahnya. Kejahilannya dapat dibersihkan dengan taubat kepada Allah. Wallahu ‘alam

  122. ayu said

    dari tulisan anda saya memahami anda sebagai org yg egois dan self centered… bila anda menyakiti org lain dgn kata2 anda.. it’s ok buat anda.. tapi bila org lain menyampaikan kritik thd kata2 anda.. anda marah membabi buta.. kelihatan sekali kalau kepribadian anda sangat.. sangat tidak matang.. (maaf dlm ajaran salafi kami tidak diajarkan utk menjelek-jelekkan org lain,siapapun dia, apalagi mengkafirkan, sebelum dtegakkan hujjah atas dirinya.. apapun manhajnya.. krn kehormatan muslim itu harus dijaga..) ini hanya analisa saya sbg psikolog atas kepribadian anda.. semoga bermanfaat utk perbaikan diri anda kedepannya..

  123. ayu said

    buat admin.. tulisan saya tidak perlu dipublish.. semoga kita bisa saling beramar ma’ruf nahi munkar.. dgn cara yg ma’ruf tentunya…

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: